-->

Kepemimpinan yang Dilandasi Atas Dasar Cinta

Kepemimpinan Yang Dilandasi Atas Dasar Cinta

INDEK-NEWS.COM - Kepemimpinan yang Dilandasi Atas Dasar Cinta - terlebih dahulu kita akan mengupas sedikit apa itu kepemimpinan ? dan apa itu cinta ?

Kepemimpinan adalah sebuah proses mempengaruhi orang lain agar dapat mengikuti segala arahan untuk mencapai sebuah tujuan organisasi. Sedangkan cinta adalah suatu perasaan yang positif terhadap sesuatu hal yang diberikan tuhan kepada manusia atau yang lainnya. Dalam hal ini bukan cinta terhadap makhluk yang akan dibahas, akan tetapi cinta dalam sebuah kepemimpinan.

Untuk menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah, karena setiap yang dilakukanakan hendaknya akan menjadi contoh bagi yang dipimpinnya, komitmen serta tangung jawab yang dipikulnya sangatlah besar bagitupun dengan totalitas dan integritasnya pun harus tinggi. 

Pemimpin yang baik akan menjalankan kepemimpinannya didasari atas dasar cinta, yaitu cinta terhadap yang dipimpinnya dan cinta terhadap pekerjaanya :

A. Cinta terhadap yang dipimpin (rakyat)

Membuat dia sadar bahwa dia adalah pilihan rakyat dan harus mewakafkan dirinya untuk melayani rakyat. Menyayangi rakyat seperti menyayangi dirinya sendiri sehingga segala tindak dan tanduknya akan menggambarkan hal itu. Ini dapat dilihat dari kebijakan-kebijakan yang diambilnya, apakah atas dasar untuk kepentingan Bersama atu hanya untuk kepentingan sendiri.

Disamping rasa cinta terhadap yang rakyatnya juga harus mempunyai kejujuran dan keterbukaan karena dengan kejujuran dan keterbukaan ini segala hal yang dilakukannya akan berjalan sesuia keinginan tanpa ada hambatan.

B. Cinta terhadap pekerjaan

Kerja adalah cinta yang mengejawantah" demikian kata Kahlil Gibran. Pekerjaan apapun yang dilandasi dengan rasa cinta maka akan berjalan dengan sememstinya, yang difikikannya hanyalah  kesukssan dalam bekerja, bermanfaat bagi masyarakat. Pekerjaan yang diemban merupakan tanggung jawab untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang sempurna sehingga taka ada lagi orang keelaparan dan suasana memprihatinkan lainnya dilingkungan.

Pemimpin seperti inilah yang begitu dinantikan oleh masyarakat yaitu pemimpin yang menjalankan proses kepemimpinannya dilandasi atas dasar cinta. Akan tetapi untk mendapatkan karakter seperti ini tak mudh membalikan telapak tangan tentu akan ada banyak fase yang harus dilewati untuk mewujudkannya.

Tujuan utama bagi kekepimpinan adalah melahirkan generasi-generasi penerus berkutnya. Ini menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam proses kepemimpinan. 

Dan akhirnya, kepemimpinan yang dilandasi atas dasar cinta akan menjadikan kepemipinannya mulia, pemimpinnya bahagia serta masyarakatnya  sejahtera.