-->

Memperkokoh Iman untuk Meneguhkan Hati Kepada Allah SWT

iman kepada allah

INDEK-NEWS.COM - Memperkokoh Iman untuk Meneguhkan Hati Kepada Allah SWT - Iman adalah kata yang tidak asing ditelinga namun kadang hanya sebatas mendengar tanpa mengetahui iman itu apa ?

Ada dua penjelasan pengertin tentang iman yaitu secara etimologi dan terminologi. Secara etimologi iman mengandung arti percaya, maksudnya percaya terhadap satu hal atau bahkan banyak hal   bisa dikatakan sebagai iman. Kemudian selanjutnya secara  terminologi iman ialah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan beramal dengan anggota badan. 

Tentu manusia memerlukan sebuah kepercayaan untuk menopang kehidupannya di bumi, kepercayaan akan melahirkan tata nilai yang akan tergambar dalam sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari. Apabila teguh kepercayaanya maka akan baik pula sikap dan perilakunya dan apabila sebaliknya berarti kepercayaanya masih belum sempurna. Maka hendak pupuklah iman itu dengan kegiatan keagamaan, pengajian, mendengarkan ceramah dan lain-lain.

Iman yang kuat dan kokoh laksana akar pada sebuah pohon, Ketika hadir angin kencang yang menggoyangkan akan senantiasa kuat dan tak mudah runtuh. Begitu pula dengan iman ujian dan cobaan akan silih berganti menghampiri maka iman yang kuat tak akan goyah sedikitpun dengan situasi dan kondisi apapun.

Ada enam pilar yang menjadi basic dalam memperkokoh iman daan meneguhkan hati :


1. Iman kepada Allah SWT

Meyakini bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang wajib disembah dan meyakini tidak ada tuhan selain Allah SWT.

2. Iman kepada malaikat

Malaikat diciptakan dari cahaya, mereka tak pernah berbuat kesalahan terhadap Allah SWT dan seantiasa mematuhi segala perintah-Nya. 

3. Iman kepada kitab

Ada 4 kitab yang patut diketahui oleh setiap muslim :
a. Kitab zabur Allah SWT berikan kepada nabi daud
b. Kitab tauret Allah SWT berikan kepada nabi musa
c. Kitab injil Allah SWT berikan kepada nabi isa
d. Kitab al-qur’an Allah SWT berikan kepada baginda nabi Muhammad SAW

4. Iman kepada nabi dan rasul

Meyakini bahwa sebelum nabi Muhammad SAW diutus ada para nabi dan rasul yang menyebarkan agama samawi di dunia ini, dan nabi Muhammad merupakan utusan terakhir sebagai penutup.

5. Iman kepada hari kiamat

Artinya meyakini bahwa akan ada hari dimana seluruh makhluk hancur dan pada saat itulah berakhirnya kehidupan didunia.

6. Iman kepada takdir

Bahwa semua yang terjadi di muka bumi merupakan goresan takdir Allah SWT di lauhil mahfudz, tak akan ada yang bisa merubahnya satu orangpun.