-->

Nilai-Nilai Kehidupan dari Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

nilai-nilai kehidupan

INDEK-NEWS.COM - Nilai-Nilai Kehidupan dari Proses Metamorfosis Kupu-Kupu - Kupu-kupu merupakan bagian dari makhluk ciptaan Tuhan yang ukurannya kecil tapi indah, keindahan warnanya dapat membuat orang terpesona dan rasa ingin memiliki,  begitulah ciri dari hewan kecil ini dengan segala keindahan dan pesonanya. Proses metamorfosis kupu-kupu melewati beberapa fase mulai dari telur, ulat, kepompong hingga menjadi kupu-kupu yang indah.

Tapi bukanlah soal itu yang akan dibahas saat ini melainkan nilai yang didapatkan dari proses metamorfosis kupu-kupu untuk dijadikan bahan renungan dalam kehidupan. Begitupun proses yang dialami oleh manusia ada fase-fase yang dilewati. 

Inilah Proses metamorfosis kupu-kupu :

1. Fase Telur

Fase awal ini kupu-kupu akan meletakan telurnya dibawah daun sehingga ketika menetas akan langsung mendapatkan makanan. 

Manusia dalam fase ini disebut fase dalam kandungan, yang akan terus berkembang sesuai dengan bertambahnya usia kandungan. Dalam fase ini Pendidikan pranatal tentu harus diperhatikan, bayi dalam kandungan memerlukan asupan nutrisi dan gizi yang baik serta cara mendidik bayi dalam kandungan harus benar-benar jangan diabaikan agar anaknya kelak lahir dengan sehat serta menjadi orang shaleh atau shalehah.

2. Fase Menjadi Ulat

Fase ini adalah fase yang yang sangat sulit karena bentuknya yang unik bahkan kebanyakan orang tak suka karena menjijikan.

Pada manusia fase ini kita sebut sebagai fase balita, bedanya kalau ulat menjijikan tapi manusia justru menggemaskan mulai dari lahir kemudian tumbuh kembang sesuai dengan keterampilan yang dimiliki serta sifat-sifat unik pada dirinya .

3. Fase Menjadi Kepompong

Fase ini ulat akan berubah menjadi kepompong dan kepompong akan berpuasa selama 21 hari untuk menyempurnakan bentuknya.

Sedangkan manusia dalam fase ini disebut dengan fase mencari jati diri, dimana dia menemukan kegelisahan dalam hati dan fikirannya untuk menentukan kelak menjadi apa dalam menjalani kehidupan.

4. Fase Terakhir Yaitu Menjadi Kupu-Kupu

Fase ini yang dinantikan oleh kupu-kupu karena ia akan bisa terbang bebas dan memiliki bentuk indah dengan berbagai warna yang ada di bagian tubuhnya.

Dalam kehidupan manusia fase ini disebut dengan titik kesuksesan yakni fase yang  sangat diidam-idamkan oleh semuanya. Dengan segala yang dimiliki manusia akan menjalani kehidupan secara normal sesuai yang diinginkan.

Itulah nilai yang hendak dijadikan pelajaran atau nilai-nilai dalam kehidupan yang singkat ini, semoga bermanfaat.