-->

Dalam Jaringan (Daring) Sebagai Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

pembelajaran masa pandemi

INDEK-NEWS.COM - Dalam Jaringan (Daring) Sebagai Solusi  Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 - Wabah covid-19 telah menggaggu seluruh tatanan kehidupan salah satunya adalah sektor Pendidikan sedangkan proses Pendidikan harus tetap berjalan dengan dan dalam kondisi apapun, karena ini merupakan amanat undang-undang no 20 tahun 2003 tentang tujuan sistem Pendidikan nasional. 

Maka dari itu solusi terbaik kegiatan belajar dimasa pandemi adalah dengan system dalam jaringan (Daring), dengan kata lain para pelajar diharuskan untuk belajar dari rumah dengan memanfaatkan media-media yang ada dirumah mereka masing-masing tentunya hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan dan sebagai salah satu upaya dari pencegahan penyebaran virus covid-19.

Untuk kalangan pelajar di daerah perkotaan tentunya pembelajaran daring ini tak akan menyulitkan mereka karena segala fasilitas yang ada sangatlah menunjang salah satunya dengan belajar secara virtual melalui zoom meeeting. Sedangkan bagi mereka yang berada diwilayah pedesaan ini menjadi suatu masalah yang amat komplek selain fasilitas yang tak menunjang, jangkauan jaringan internet yang masih sulit ditambah dengan keahlian setiap individu pelajar dalam mengoprasikan media penujang pembelajaran daring yang masih kurang diawah standar sehingga para pendidik harus memutar otak agar dengan segala problem yang ada proses pembelajaran tetap berjalan.

Akhirnya Sebagian dari mereka ada yang ikut bergabung satu sama lain pada saat belajar. Meskipun demikian antusias pelajar masih tetap semangat tinggi untuk menggapai apa yang menjadi cita-cita mereka di kemudian hari.

Pemerintah sudah memberikan lampu hijau walaupun masih bertahap untuk belajar secara tatap muka bagi wilayah yang masuk dalam kategori zona hijau tentunya hal itu juga harus didukung dengan aturan protocol Kesehatan sebagai bagian dari Ikhtiar Pencegahan Penyebaran Covid-19. Sekolah wajib menydiakan alat pencuci tangan, pada saat pembelajaran hendak lah 50% dari jumlah per kelas, senantiasa menjaga jarak saat belajar berlangsung kemudian memaki masker serta membawa handsanitizer. 

Akan tetapi seiring dengan penambahan jumlah positif yang kian hari bertambah secara signifikan maka demi menjaga diri, keluarga dan lingkungan sjolah di berlakukan belajar secara daring Kembali sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.