-->

Membumikan Model Kepemimpinan Rasulullah SAW “Seni dalam Memimpin”

seni dalam memimpin

INDEK-NEWS.COM - Membumikan model kepemimpinan Rasulullah SAW "Seni dalam Memimpin" - Setiap diri kita adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjwaban kelak dihadapan Tuhan yang maha Esa, Baik dalam ruang lingkup kecil maupun dalam ruang lingkup besar. 

Pemipin itu dicetak dan dipersiapkan, logikanya begini : Jika seekor burung ingin mempunyai karakter suara yang bagus dan unik secara otomatis pemiliknya akan terus melatih burung tersebut agar sesui dengan apa yang diinginkan.  Begitupun dengan halnya seorang pemimpin, potensi kepemimpinan yang Tuhan berikan harus mampu dioptimalkan dengan baik sehingga sampai pada titik akhirnya sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu “Karakter Pemimpin yang Paripurna”. Lalu bagaimanakah karakter pemimpin yang paripurna tersebut ? semuanya telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW. Dibalik kesuksesan kepemimpinan rasulullah SAW ada 4 power kepemimpinannya :

1. Inspiratif

2. Motivatif

3. Solutif dan

4. Prediktif 


Jika individu sudah mempunyai karakter pemimpin tersebut maka dapat dipastikan dalam proses kepemimpinanya akan berjalan sesuai dengan “seharusnya”  bukan  sesuai dengan “semaunya”. Karena sejatinya seorang pemimpin itu mampu mengambil sebuah kebijakan, keputusan yang berdasarkan atas dasar musyawarah, pertimbangan serta masukan dari berbagai  pihak bukan sebaliknya “semau gue” karena merasa yang berkuasa.

Demikian pula dengan bawahan jika seorang pemimpin salah hendaklah beranikan memberikan saran dan masukan bukan diam seribu kata hanya sebatas untuk mengamankan posisi jabatan. Tak ada jabatan yang harus dipertahankan mati-matian semuanya hanyalah titipan.