-->

Menejemen, Kepemimpinan dan Organisasi, Merupakan Soft Skill Seorang Pemimpin

soft skill seorang pemimpin

INDEK-NEWS.COM - Menejemen, Kepemimpinan dan Organisasi, Merupakan Soft Skill Seorang Pemimpin - Sebelum membahas lebih dalam tentu kita hendak pahami dahulu tentang ketiga hal diatas yaitu menejemen, kepemimpinan dan organisasi.


1. Menejemen 

Banyak pengertian-pengertian yang di sebutkan oleh para ahli diantaranya :


a. Mary Parker Follet

Manajemen adalah suatu seni, setiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.


b. George R. Terry

Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa menejemen adalah proses untuk mengatur suatu hal agar sesuai dengan tujuan yang diinginkan tentunya dilandasi oleh planning, organizing, actuating dan controlling.


2. Kepemimpinan 

Kepemimpinan mempunyai beberapa arti diantaranya :


a. Cara seorang pemimpin untuk mengatur dan mempengaruhi bawahannya agar sesuai dengan intruksiyang diberikan guna untuk mencapai sustu tujuan.


b. Sebagai seni untuk memberikan pengaruh dalam kinerja yang diingikan seorang pemimpin.


c. Seni dalam memimpin dalam mengkoordinasikan dan memberikan motivasi kepada bawahan untuk sebuah keberhasilan.


3.Organisasi 

Organisasi berasal dari kata organ yang artinya yaitu kumpulan jaringan yang memiliki satu fungsi atau lebih, kemudian ditambahkan dengan sasi yang artinya adalah sebuah proses. Maka organisasi dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan orang-orang yang bekerja sama dalam satu kelompok untuk mencapai sebuah tujuan organisasi.


Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa menejemen kepemimpinan organisasi adalah sebuah seni seorang pemimpin dalam mengatur bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi yang berlandaskan atas dasar planning, organizing, actuating dan controlling (POAC).


Dikala hal itu dapat di lakukan dalam sebuah tim maka apa yang menjadi ekspektasi serta tujuan mereka akan tercapai dan hasilnya akan sesuai yang diinginkan. Soft skill inilah yang senantiasa harus dimiliki seorang pemimpin guna mewujudkan kesejahteraan terhadap yang dipimpinnya.


Maka akan lahir nilai Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. karena ini merupakan amanat yang harus diwujudkan oleh para pemimpin di negeri ini.

Semoga bermanfaat..!!