-->

Inilah 3 Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin

karakter pemimpin

INDEK-NEWS.COM - Inilah 3 Karakter yang Wajib Dimiliki Pemimpin - Semua orang terlahir dengan jiwa pemimpin yang melekat pada dirinya, akan tatapi dengan jiwa pemimpin tersebut ada orang-orang yang tidak bisa memimpin dalam ruang yang lebih besar. Ini yang menjadi alasan sebagian orang berfikir bahwa karakter dan jiwa pemimpin adalah bagian dari anugrah yang telah Tuhan berikan kepadanya sejak lahir. Bisa dikatakan bahwa karakter pemimpin yang dibawa sejak lahir adalah potensi yang hendak dikembangkan ketika dewasa kelak.

Sebenarnya banyak kararakter pemimpin yang harus dimiliki agar menjadi pemimpin yang baik. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas 3 karakter saja yang dianggap teramat sangat penting dalam sebuah kepemimpinan.

1. Berjiwa Karismatik

Kenapa karisma merupakan hal yang penting ? karena karisma itu laksana magnet yang memikat dan membuat orang-orang yang melihatnya seakan terhipnotis dengan segala hal yang dilakukan dia baik ucapan maupun tindakannya.

Jika pemimpin sudah memilki ini, kedepannya akan lebih mudah untuk mengkomunikasikan segala hal yang berkaitan dengan visi dan misi dia agar menemukan titik keberhasilan dikemudian hari. Karismatik akan lahir dari dalam jiwa pemimpin itu sendiri secara tidak langsung dan akan terlihat dari pergerakannya dalam proses kepemimpinan yang dilakukannya. 

2. Memiliki visi dan misi

Visi dan misi adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari seorang pemimpin, mereka mempunyai visi  dan misi sebagai bahan landasan atau pijakan dalam mengambil sebuah keputusan supaya yang dipimpin mendapatkan keadilan. Serta dari visi dan misi ini akan melahirkan program strategis yang rentang waktunya jangka panjang dan jangka pendek. Dari visi dan misi inilah dapat dilihat bagaimana grand design secara menyeluruh dalam proses kepemimpinan yang akan dijalankan pemimpin. 

3. Bertanggung jawab

Betapa karisamtiknya seorang pemimpin, mempunyai visi dan misi yang bagus jika dalam jiwanya tidak memiliki rasa tanggung jawab semuanya akan berakhir dengan sia-sia. Maka inilah yang menjadi prioritas dalam sebuah kepemimpinan, pemimpin harus mampu bersika, brfikir dan bertindak dengan penuh tanggung jawab yang berada di Pundak kepemimpinannya. Bertanggung jawab atas segala hal yang dilakukannya serta terhadap bawahannya.

Semoga bermanfaat kawan..!!