-->

Potensi Pemuda untuk Menjadi Pemimpin Masa Depan

pemuda pemimpin masa depan

INDEK-NEWS.COM - Potensi Pemuda untuk Menjadi Pemimpin Masa Depan - Ada kata bijak mengatakan “Pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok” memang betul bahwa generasi muda saat inilah yang kan menjadi pemimpin dikemudian hari. Bahkan kemajuan suatu daerah dikaitkan dengan bagaimana kontribusi dan peran pemuda dalam mengabdikan dirinya untuk memberikan suatu perubahan. Pemuda juga sebagai tombak dalam memberikan warna baik dalam berorganisasi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sejarah telah mencatat bagaimana peran dan fungsi pemuda dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia dengan begitu gigih dan semangat tinggi yang dumilikinya. Maka dipandang penting untuk melibatkan generasi muda dalam proses pembangunan sampai saat inipun. Jika diamati dengan bijak yang hari ini menjadi pemimpin adalah mereka-mereka yang dahulu memberikan sumbangsih gagasan untuk sbuah perubahan. 

Jangan pernah menyepelekan generasi muda dalam segala hal apapun, apalagi yang berkaitan dengan aspek untuk menuju perubahan, merekalah jagoannya tak hanya tenaga yang akan di berikan pola fikirnya pun harus diperhitungkan. Tapi terkadang ada yang mnganggap hal itu sepele dikarenakan mereka menganggap bahwa pemuda bisa apa ? pengalamannya pun tak ada jadi untuk apa di dengarkan ?

Ini pemikiran yang salah. Pemuda mempunyai sifat idealis bukan pragmatis mereka hanya berfikir untuk memberikan warna berbeda dalam karyanya, jiwa pemimpin inilah yang semenjak awal kian terlihat dipupuk dalam keorganisasian masyarakat, sejak diperguruan tinggi atau bahkan dalam pelatihan-pelatihan sebagai bekal dalam kehidupan sebenarnya. Maka dapat dipastikan jika tak melibatkan pemuda tidak akan ada perubahan yang terjadi justru kemunduran yang akan dialami. 

Diantara beberapa potensi pemuda untuk menjadi pemimpin masa depan adalah sebagai berikut :

 Memberikan Nilai Perubahan

Atau dikenal dengan agen perubahan, potensi ini menjadi daya tarik tersendiri dari pemuda terutama gagasan dan pemikirannya yang cemerlang. Gagasannya didapatkan berdasarkan analisi lingkungan dan hendak dituangkan dalam bentuk kegiatan.

 Sebagai Control Sosial Dalam Kebijakan

Sebagai control social dalam pembangunan, penyeimbang dalam kemasyarakatan. Potensi ini akan semakin berkembang sesuai dengan kontribusi yang senantiasa diberikan dalam pengabdiannya. 

 Memberikan Solusi Atas Berbagai Permasalahan

Permasalahan akan tetap ad ajika nyawa masih dalam raga, permaslahan itu tentu akan membutuhkan solusi dan pemuda menawarkan itu dengan kemampuan daya nalar yang baik serta sifat idealis yang dimilikinya.

Itulah beberapa potensi yang dimiliki pemuda untuk memberika perubahan  yang signifikan dalam kehidupan serta potensi yang dimiliki untuk menjadi pemimpin di masa mendatang.