-->

Memupuk Jiwa Pemimpin di Perguruan Tinggi

aktivis kampus

INDEK-NEWS.COM - Memupuk Jiwa Pemimpin di Perguruan Tinggi - Mahasiswa adalah sekelompok individu yang sedang menjalani Pendidikan di perguruan tinggi dan terdaftar secara administratif. Mereka merupakan golongan intelektual yang dapat menjadi bagian dari hidupnya demokrasi diindonesia. Dalam dunia perguruan tinggi mahasiswa akan di didik dan dibina baik secara fisik, psikis serta wawasannya untuk menjadi pemimpin masa depan, bagi mereka yang ingin belajar berdemokrasi, memperdalam dan memahami miniatur sebuah demokrasi tentunya harus menjadi seorang aktivis Ketika menimba ilmu di perguruan tinggi.

Kita kenal dengan sebutan aktivis kampus/perguraun tinggi, didalamnya ialah para mahasiswa-mahasiswa yang menjadikan kampus sebagai media dalam proses pembelajaran berdinamika secara intelektual dan juga berdinamika dalam konteks pergerakan. Ide dan gagasan mahasiswa akan senantiasa bersifat idealis karena itulah salah satu ciri dari karakter mahasiswa mereka akan berjalan dalam rel itu dan selama apa yang dilihat, di dengar dan dirasakan tidak sesuai maka mereka akan menyeruakannya dengan pergerakan.

Sejarah telah mencatat bagaimana Gerakan-gerakan mahasiswa mampu merubah tatanan negara dan mampu memberikan sebuah perubahan yang real di bumi pertiwi. Maka merupakan suatu hal yang wajib untuk mejadi seorang aktivis kampus guna sebagai bekal kelak Ketika mereka sudah kembali ke kehidupan yang sesungguhnya yaitu berdinamika dan berdialektika di lingkungan masyarakat.

Berikut beberapa nilai menjadi aktivis kampus :

1. Mempunyai Gagasan Yang Cemerlang

Hasil dari bergabung dengan organisasi-organisasi ekstra dan intra kampus selama di perguruan tinggi akan memberikan dampak terhadap intelektual dan gagasan, sehingga cara berfikir dan bertindak akan didasari oleh hasil dari analisis problem yang terjadi dan apabila memberikan solusi akan tepat sasaran.

2. Mempunyai Mental Yang Kuat

Ini tak kalah penting bahwa mental yang telah dibina di dunia kampus menjadi modal untuk mengabdikan diri, karena jika mental yang lemah dapat berefek terhadap gaya komunikasi dan organisasi dalam kelompok maupun lingkungan.

3. Mempunyai Karakter Yang Bersifat Kritik dan Solutif

Tak hanya bisa mengkiritik terhadap sesuatu dengan pemikiran yang cerdas dan argumentasi pedas tapi disamping itu juga dapat memberikan solusi terhadap problematika dilapangan.

Nilai-nilai tersebut hendaknya diaktualisasikan dan dipupuk sebagai bekal menjadi pemimpin dimasa depan. Di republik ini yang sekarang menjadi wakil-wakil rakyat baik pusat maupun daerah Sebagian dari mereka merupakan aktivis-aktivis yang dahulu pernah menjalani dinamika didalam kampusnya masing-masing.

Terima kasih telah membaca..!!