-->

Gaya Komunikasi dalam Proses Kepemimpinan

komunikasi kepemimpinan

INDEK-NEWS.COM - Gaya Komunikasi dalam Proses Kepemimpinan - Komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi, dan setiap pemimpin mempunyai gaya komunikasi khas masing-masing. Dapat dipastikan bahwa tanpa ada komunikasi dalam sebuah organisasi maka tidak akan berjalan dengan baik sesuai planning yang telah di design sejak awal. Kemampuan komunikasi yang baik serta dapat diterima oleh khalayak akan membantu dalam proses sebuah roda organisasi.

Terkait dengan kepemimpinan, maka komunikasi yang baik sangatlah dibutuhkan agar dapat mempengaruhi, memberi motivasi, membimbing, mengarahkan, mendorong para anggota atau bawahan untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan.

Berikut ada 5 gaya komunikasi yang biasa dan lumrah digunakan dalam proses kepemimpinan :


1. Gaya Komunikasi Relinquishing

Dalam gaya komunikasi ini seorang pemimpin memiliki sifat terbuka atas gagasan, kritik dan saran dari orang lain untuk kemajuan dalam proses kepemimpinannya. Apabila gaya komunikasi ini dioptimalkan dengan benar maka akan menjadikan pemimpin lebih baik serta di cintai oleh rakyatnya.

2. Gaya Komunikasi Dinamis

Gaya ini dapat diartkan sebagai gaya komunikasi yang aktif antara pemimpin dan bawahannya sehingga mereka dapat menyelasikan berbagai masalah yang kritis. Biasanya gay aini ditujukan untuk memberikan stimulus terhadap bawahan atau anggota untuk bertindak secara cepat an tepat dalam menangani problematika yang ada.

3. Gaya Komunikasi Structural

Gaya seperti ini ialah gaya yang digunakan oleh seorang pemimpin dengan cara memberikan informasi sebagai untuk pemantapan dalam sebuah perintah. Dalam gaya ini pemimpin mencoba memberikan berbagai hal tentang informasi yang berkaitan dengan tujuan, alur kerja, aturan kerjaserta prosedur dalam sebuah kepemimpinan.

4. Gaya Komunikasi Equalitarian

Gaya komunikasi ini lebih mengutamakan kesamaan komunikasi artinya dalam penyebaran informasi, gagasan, ide, kritik, saran lebih cenderung kepada komunikasi dua arah sehingga tidak ada pemisah level jabatan dalam mengemukakaknnya. Sehingga antara pemimpin dan anggota atau bawahan saling keterbukaan dalam memberikan pendapat. Yang pada akhirnya seorang pemimpin mampu membangun kedekatan emosional dengan para anggotanya.

5. Gaya Komunikasi Controlling

Dalam gaya ini seorang pemimpin akan lebih dominan untuk membatasi sikap, sifat dan pendapat dari bawahannya. Begitupun dengan proses komunikasi yang dijalankan akan bersifat top down karena para anggota atau bawahannya akan diarahkan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan intruksinya semata.

Demikian gaya-gaya komunikasi yang biasa dilakukan para pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinannya.