-->

Urgensi Pemimpin dalam Sebuah Keluarga

kepala keluarga

INDEK-NEWS.COM - Urgensi Pemimpin dalam Sebuah Keluarga - Keluarga merupakan organisasi terkecil dalam ruang lingkup keorganisasian dan dipimpin oleh seorang kepala keluarga yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan saran, motivasi serta perlindungan kepada setiap anggota keluarganya, yang tiada lain adalah istri dan anak-anak.

Akan tetapi, tanggung jawab yang dipikul itu tidaklah mudah dengan berbagai konflik yang ada didalamnya. Amanah ini tentu tetaplah harus dijalankan meskipun tidak mendapatkan imbalan finansial, karena tanggung jawab kepala keluarga ialah tugas yang diamanatkan oleh Sang Pencipta untuk seluruh kaum adam. Salah satu cara agar menjadi pemimpin yang lebih baik dalam ruang keluarga yaitu dengan mempunyai kesadaran, mental yang kuat serta dan pertumbuhan diri yang senantiasa berkembang. Tanpa ada sifat tersebut rasanya akan sulit untuk membangun keluarga sesuai dengan yang diinginkan oleh setiap orang.

Sudah banyak orang yang mengalami kegagalan dalam menjalani bahtera rumah tangga, hal ini diakibatkan karena ketidak siapan mereka secara mental untuk menghadapi berbagai persoalan maupun konflik yang dihadapi.

Kepala keluarga dituntut untuk memiliki rasa yang kuat akan situasi dan kondisi keluarganya, selain itu juga mereka tentu harus mampu memiliki keceradasan intelektual, kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual. Karena jika mereka memiliki sifat tersebut berbagai gelombang yang terjadi akan mudah untuk dihadapi dan dilalui dengan pemikiran yang jernih dan hati yang bersih.

Kepala keluarga diibaratkan sebagai nahkoda kapal yang mengarungi samudara apabila nahkodanya pintar dan cerdas berbagai terjangan omak dilaut akan dia hadapi dan memeberikan ketenangan terhadap para penumpangnya untuk mencapi tujuan mereka.
Dalam hal ini kedewasaan dalam berfikir dan bertindak menjadi prioritas yang dibutuhkan dalam sebuah keluarga dan akan membawa anggota keluarga menuju tujuan yang dicita-citakannya. 

Seorang kepala keluarga tentulah mempunyai keinginan yang sangat tinggi diantaranya membahagiakan anak dan istri yang mereka sayangi. Ada anak yang harus dididik supaya menjadi orang yang bermanfaat kelak dan juga istri yang harus diberikan kehidupan yang layak.

Maka dengan niat dan kesungguhan yang dilakukan anggota keluarga sangat senang karena memperlihatkan kesungguhan dalam memperjuangkan keluarganya. Kepala keluargapun hendaklah memperlihatkan sikap dan perilaku yang baik karena setiap apa yang dilihat anak dan istri akan ditiru dalam keseharian.

Sebagai seorang kepela keluarga janganlah berputus asak arena belum bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga, karena dengan niat yang tulus serta ikhlas yakinlah suatu saat kelak Allah SWT akan memberikan hasil dari ikhtiar yang dilakukan hari ini.

Semoga bermanfaat..!!