-->

Bukti Cinta Seorang Pemimpin (Nabi Muhammad SAW) Terhadap Umatnya

cinta seorang pemimpin

INDEK-NEWS.COM - Bukti Cinta Seorang Pemimpin (Nabi Muhammad SAW) Terhadap Umatnya - Tak ada manusia yang paling sempurna selain  Nabi Muhammad SAW, beliau adalah pemimpin umat manusia yang amat dimuliakan oleh Allah SWT dengan  segala bentuk ucapan, sikap dan perilakunya nya dibimbing oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW termasuk  penutup para nabi dan rasul akan tetapi kedatangannya sebagai penyempurna agama samawi telah diberitakan  kepada nabi-nabi sebelumnya melalui kitab-kitab terdahulu sebelum  kitab suci Alquran.

Beliau mempunyai sifat lemah lembut terhadap umatnya bahkan  jika ada orang yang berbuat keburukan, kejelekan kepada dirinya dia membalas dengan kebaikan padahal jika beliau ingin membalas kepada orang tersebut Allah  akan senantiasa mengabulkan do’anya.
Hidup beliau penuh dengan pengabdian dan perjuangan untuk memberikan suri tauladan yang baik bagi umatnya, beliau rela mengorbankan harta, darah, air mata bahkan nyawa  seklipun demi memperjuangkan umat. Umat, umat dan umat yang selalu ada difikirannya bahkan cinta kepada umatnya melebihi cinta kepada dirinya sendiri. Cintanya yang tulus tak akan pernah ada bandingannya. 

Inilah bukti cinta seorang pemimpin (Nabi Muhammad SAW) terhadap umatnya :


1. Senantiasa berdo’a untuk umat di setiap shalat

Dalam sebuah Riwayat dikatakan do’a beliau untuk umatnya sama seperti do’anya untuk siti aisyah "Ya Allah, ampunilah 'Aisyah, seluruh dosanya yang lalu dan yang akan datang. Dosanya yang terlihat dan yang tersembunyi".

2. Selalu mendoakan orang yang mendzalimi

Salh satu kisah Ketika di tha’if Rasulullah SAW terluka diwajahnya akibat dari orang tha’if lalu malak Jibril mengatakan apakah engkau akan membalasnya ya rasulullah ?
Rasulullah menjawab "Allah tidak mengutusku untuk menjadi orang yang merusak dan juga tidak untuk menjadi orang yang melaknat. Akan tetapi Allah mengutusku untuk menjadi penyeru doa dan pembawa rahmat. Ya Allah, berilah hidayah untuk kaumku, sesungguhnya mereka tidak mengetahui". (HR Al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman)

3. Selalu menangis untuk umat beliau

Kenapa beliau sampai menangis untuk umatnya ? karena beliau tak rihda jika umatnya mendapatkan adzab dari allah SWT

4. Minta kepada Allah untuk keselamatan umat

Abu Dzar RA mengatakan: aku mendengar Rasulullah SAW  satu malam dalam salatnya, ia membaca dan mengulang-ngulan firman allah di setiap ruku' dan sujudnya yaitu ( Q.S al-maidah ayat 118 ) 

abu dzar ra kemudian bertanya: "Ya Rasulullah, sejak tadi malam engkau mengulang-ngulang ayat itu dalam setiap ruku’ dan sujud mu, sampai waktu subuh tiba. ada apakah gerangan ya rasulullah ? 

Rasulullah menjawab: "Aku memohon syafa'at kepada allah untuk umatku. dan itu dikabulkan oleh-nya bagi mereka yang tidak menyekutukan-nya". (HR. Ibn Abi Syaibah Dan Ahmad)

Demikianlah bukti cinta seorang pemimpin utusan Allah yaitu Rasulullah kepada umatnya, karena beliau ingin kelak di surga dapat Bersama dengan para umatnya.