-->

Good Leader, Pemimpin Seperti Apakah Itu ?

good leader

INDEK-NEWS.COM - Good Leader, Pemimpin Seperti Apakah Itu ? - Dari banyak teori yang membahas perihal pemimpin yang baik dan berdasarkan pengamatan, disimpulkan bahwa seorang pemimpin yang baik setidaknya harus memiliki kualitas di bawah ini:

1. Visi

Seorang pemimpin yang baik mempunyai visi dan tujuan untuk masa depan. Mereka memiliki sebuah ekspektasi yang ingin dicapai kelak dalam proses kepemimpinan yang menjadi tanggung jawab yang harus di kerjakan dengan penuh kesungguhan.

2. Keberanian

Satu hal yang amat sangat penting harus dimiliki seorang pemimpin adalah keberanian. Artinya keeranian untuk mengambil segala keputusan yang memberikan dorongan serta support terhadap visi yang dia miliki, keberanian mengambil resiko dalam setiap kebijakan meskipun dia tidak mengetahui bagaimana hasil akhir dari keputusannya itu. 

3. Integritas

Memiliki integritas amat sangat penting untuk menjadi pemimpin yang sukses dan bisa dihargai oleh bawahan dan orang-orang di sekitarnya. Dasar dari integritas adalah ketulusan dan kejujuran. Tulus dalam bekerja dengan sepenuh hati demi rakyat yang dia pimpin agar supaya mereka sejahtera, jujur dalam segala ucapan, sikap dan tindakan yang dia lakukan dalam menjalani kepemimpinannya.

4. Kerendahan Hati

Pemimpin yang baik adalah mereka yang punya sifat kuat dan tegas, tapi sekaligus rendah hati. Sikap ini sangat jarang ditemukan karena untuk mendapatkan kerendahan hati seseorang harus bisa berdamai dengan egonya sendiri. Ini berarti seorang pemimpin harus bisa mengakui bahwa mereka tidak selalu benar, bahwa mereka tidak memiliki semua solusi dalam setiap masalah.

Jika pemimpin memiliki sikap ini maka dia akan senantiasa berkomunikasi dengan berbagai element masyarakat untuk mencari solusi terbaik pada sebuah problem atau harapan yang diinginkan oleh mereka yang dipimpin. Tentu ini harus dijalankan dengan baik agar pemimpin tersebut selalu mendapatkan ide dan gagasan-gagasan baru yang hendak ia implementasikan di kemudian hari.

5. Perencanaan Strategis

Seorang pemimpin yang baik pada umumnya sangat menonjol dalam kemampuannya membuat rencana yang strategis. Mereka mampu untuk memprediksi hal yang akan terjadi kedepan dalam memutuskan sebuah rencana, dan dapat meminimalisir berbagai problem yang akan muncul di kemudian hari.

6. Fokus

Seorang pemimpin yang baik mampu membuat dirinya fokus, tapi juga harus mampu membuat semua orang yang ada di bawahnya untuk fokus dan berkonsentrasi pada hal-hal yang paling penting yang sedang mereka hadapi. Ini membuat mereka tidak menghabiskan waktu untuk mengurus hal-hal yang kurang penting. Dengan tingkat fokus yang tinggi, tujuan pun lebih mudah tercapai.

7. Kerja Sama yang Baik

Seorang pemimpin yang baik mampu membuat semua orang bekerja sama demi mencapai tujuan dan sukses. Kepemimpinan adalah kemampuan membuat orang bekerja untuk pemimpin karena mereka memang mau, bukan karena terpaksa.

Intinya adalah komunikasi yang terjalin dan berjalan dengan baik adalah kunci kesuksesan seorang pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinannya. Kemudian jika itu sudah berjalan dengan baik maka Kerjasama team akan membawa pemimpin tersebut ke arah yang strategis dalam mewujudkan visi dan misi kepemimpinannya.