-->

√ 5 Langkah Sukses Berwirausaha Saat Kuliah

wirausaha saat kuliah

INDEK-NEWS.COM - √ 5 Langkah Sukses Berwirausaha Saat Kuliah - Adalah sebuah ekspektasi setiap orang menjadi sukses dikemudian hari, banyak yang bingung untuk memulai usaha agar berpenghasilan melimpah. Terlebih lagi dikalangan mahasiswa yang ingin menambah pundi-pundi rupiah untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan tanpa membebankan kepada orangtua.

Ada beberapa type mahasiswa dalam menjalankan pendidikan dan memenuhi kebutuhannya :


a. Mahasiswa ketergantungan

Mahasiswa golongan ini mengandalkan orangtua sebagai prioritas dalam mememenuhi kebutuhannya baik yang bersifat akademik maupun yang bersifat non akademik. Mereka mempunyai orangtua yang secara strata social ekonominya menengah keatas dan biasanya tak sulit untuk mendapatkan apa yang diinginkannya sekalipun disaat mahasiswa-mahasiswa lainya hanya berangan-angan Ketika menginginkan sesuatu.

b. Mahasiswa mandiri

Mahasiswa seperti ini mempunyai keinginan untuk sukses dimasa perkuliahan dengan menjalani berbagai aktifitas yang dapat menghasilkan uang untuk membiayai perkuliahan dan memenuhi keinginannya. 

Mahasiswa mandiri ini senantiasa mencari jaringan baik dengan kalangan mahasiswa ataupun dengan para dosen dengan tujuan menambah ilmu,  pengetahuan dan gagasan-gagasan berlian untuk mendapatkan penghasilan.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin sukses berwirausaha dengan penghasilan yang luar biasa dimasa perkuliahan :


1. Perbanyak Network

Bergaulah dengan siapa saja untuk melakukan berbagai diskusi guna mendapatkan inspirasi dan motivasi berwirausaha.

2. Ikuti Kegiatan Organisasi Kampus yang Tepat

Dalam dunia perguruan tinggi biasanya banyak organisasi intra dan ekstra untuk mengembangkan potensi setiap individu mahasiswa disamping pembelajaran di ruangan kelas. Maka masuklah pada organisasi kewirausahaan untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan dan mengasah kemampuan dibidang tersebut.

3. Aplikasikan diluar Kampus

Selain aktif di kewirausahaan kampus tentu harus berfikir untuk membuka usaha diluar kampus baik di lingkungan kos-kos an, pasar, tempat olahraga, pedagang kaki lima dan lain-lain. 

4. Kurangi Bermain

Memang naluri seorang mahasiswa tak akan sepenuhnya pada kegiatan belajar, terkadang ada keinginan untuk jala-jalan, belanja atau sekedar nongkrong bersama teman-teman. Tapi merupakan konsekuensi logis jika ingin meraih kesuksesan dimasa ini untuk menyibukan diri dengan kegiatan yang memberikan nilai keuntungan dalam meraih penghasilan.

5. Percaya Diri

Jangan pernah malu dengan status mahasiswa untuk berwirausaha, justru akan mendapatkan nilai positif jika hal ini dilakukan dengan penuh kesungguhan dan kepercayaan diri penuh. Banyak dari para dosen pun yang sampai saat ini menduduki jabatan-jabatan penting di perguruan tinggi dahulunya menjalani kehidupan dimasa kuliah dengan penuh perjuangan untuk menuntaskannya dengan biaya hasil dari keringat sendiri.