-->

Cara Menejemen Sekolah Agar Mendapatkan Predikat Favorit

sekolah predikat favorit

INDEK-NEWS.COM - Cara Menejemen Sekolah Agar Mendapatkan Predikat Favorit - Lembaga pendidikan diantaranya sekolah kini sudah merambah dimana-mana baik yang negeri maupun yang swasta. Setiap sekolah bersaing agar menjadi sekolah favorit dan mendapatkan siswa sebanyak mungkin.

Gelar sekolah favorit tentu menjadi impian seluruh jajaran pengelola sekolah, dengan mempunyai title sekolah favorit maka banyak keuntungan yang didapatkan baik yang sifatnya materi dan non materi. Sekolah favorit menjadi incaran para siswa dan orang tua untuk menyekolahkan anak mereka disana agar mempunyai kecerdasan yang lebih disbanding dengan sekolah lainnya.

Namun untuk mendapatkan predikat sekolah favorit tidak semudah membalikan telapak tangan banyak pengorbanan yang harus dilakukan oleh para pengelola. Memang secara yuridis sekolah yang mendapatkan predikat favorit diberikan oleh pemerintah akan tetapi yang lebih dominan adalah penilaian masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang ada didalamnya.

Dibawah ini adalah cara yang harus dilakukan oleh pengelola agar sekolahnya mendapatkan predikat favorit : 


1. Adanya fasilitas dan sarana prasarana yang lengkap

Hal pertama yang menjadi daya Tarik sekolah adalah fasilitas yang lengkap sebagai penunjang pengembangan keterampilan siswa. Orang tua dan siswa  akan melihat bagaimana kondisi bangunan, sarana olahraga, lapangan dan sebagainya.

2. Adanya tenaga pengajar yang ideal dan professional

Meskipun fasilitas yang sangat baik akan tetapi jika tidak ditunjang dengan guru yang mempunyai kualitas baik serta professional maka semuanya tak berarti. Maka dari itu keberadaan guru yang tentu bagian daya Tarik untuk mendapatkan siswa disekolah tersebut.

3. Banyak kegiatan ekstrakulikuler

Kegiatan ini sebagai penunjang untuk mengembangkan kreatifitas juga keterampilan para siswa diluar aspek akademik. Dengan banyaknya pilihan maka para siswa antusias untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

4. Menerapkan aturan disiplin yang ketat

Disiplin adalah salah satu kunci dari kesuksesan, disiplin akan membuat seluruh warga sekolah menjadi sadar akan tanggung jawabnya disekolah. Guru disiplin murid disiplin semuanya aka nada penilaian di mata masyarakat.

5. Membangun budaya khas disekolah

Banyak sekolah yang mendapat predikat favorit karena ada hal yang beda yang menjadi unggulan disekolah tersebut. Sehingga budaya itu menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain apalagi jika diterapkan di lingkungan sekolah mereka.

6. Pembinaan terhadap alumni

Inilah yangs erring terlupakan dimana para alumni jarang dirangkul dan diajak sharing atau diskusi dengan duduk bareng, saling bertukar fikiran, pendapat, pengalaman untuk kemajuan sekolah. Hari ini pertemuan alumni menjadi hal yang wajib sebagai wadah silaturahim juga mendorong untuk kemajuan sekolah.

Demikian langkah-langkah yang hendak dilakukan oleh pengelola sekolah agar mendapat predikat favorit, pengelolaan yang baik akan menghasilkan output yang berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi di kehidupan nyata serta lingkungan masyarakat.