-->

Kaderisasi Kepemimpinan yang Berwawasan Kebangsaan

kepemimpian berwawasan kebangsaan

INDEK-NEWS.COM - Kaderisasi Kepemimpinan yang Berwawasan Kebangsaan - Pemimpin terbentuk bukan dari proses yang serba instan. Kepemimpinan danproses menjadi pemimpin memerlukan waktu yang cukup panjang dan perjuangan yang teramat gigih. Setelh seseorang menjadi pemimpin maka hendaklah dia mengembangkn dirinya untuk menjadi seorang pemimpin yang dibutuhkan dalam proses kepemimpinnnya.

Pembentukn krakter seorang pemimpin biasnya dimulai saat dia masih reaj atau bahkan saat dia menjalani sekolah menengah atsa dengan berbagai organisasi yang diikutinya untuk mengembembngkan potensi yang dimiliki baik kegiatan organisasi yang sifatnya intra maupun yang ekstrakulikuler.

Pemimpin yang saat ini manggung di tingkat nasional, daerah merupakan suatu hasil proses kaderisasi yang dijalankan oleh sebuah organisasi atau kelompok yang sehingga outputnya dapat dirasakan saat ini. Betapa banyak kita menyaksikan di awal kedatangan para calon pemimpin yang mempunyai ide, gagasan yang baik untuk kemajuan masyarakat, akan tetapi dikala di sudah menjadi pemimpin banyak pula pemimpin yang tidak mempunyai integritas baik dimata masyarakat.

Proses kaderisasi yang dijalani dengan baik akan menghasilkan output yang baik pula, dan apabila dijalni hanya sebatas ada kebutuhan dan keinginan yakinlah semua itu tak akan berjalan sesuai yang diinginkan.

Kaderisasi yang dijalankan oleh TNI, Polri, Ormas, Okp, Partai ataupun organisasi lainnya tentu mengajarkn bagimna dinamika kebangsan dan bagaimana solusi untk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam dimensi kebangsaan.

Kaderisasi ini akan terus berlanjut hingga masa yang akan datang, kemampuan-kemampuan dalam mengelol logic dn fikiran akan membawa seseorang mampu untuk memposisikan dirinya dilingkungan masyarakat.

Dengan mendeskripsikan peran-peran kaderisasi yang dilakukan seperti tadi, maka banyak peluang yng bisa dimanfaatkn untuk menjdi pemimpin yang berwawasan kebangsaan. Artinya bahwa pemimpin itu hendak memeiliki rasa, empati, simpati, peduli dan  lain sebagainya terhadap problem-problem yang terjadi saat dia memimpin.

Seorang pemimpin yang proses kaderisasinya berjaln dengn bik akan senantis memposisikan Pancasila sebagai arah dan tujuan yang hendk dicapi jug sebgi landasan dlam pergerakan. Pemimpin yang berwawasan kebangsaan hadir di masyarakat untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari undang-undang dalam hal kesejaheteraan di lingkungannya.