-->

Pendidikan : Prinsip Pendidikan di Luar Sekolah

prinsip pendidikan diluar sekolah

INDEK-NEWS.COM - Pendidikan : Prinsip Pendidikan di Luar Sekolah - Kegiatan pendidikan sepanjang hayat merupakan fenomena alamiah dlam kehidupan manusia karena sejatinya dari mulai dlam kandungan hingga hembusan nafs terakhir merupkan bagian dari proses pendidikn yang senantiasa akan dialami oeh manusia.

Akan tetapi sebgian dari manusia menyadari hal itu merupakan sebuh pembelajran dan ada pula yang menganggap hal itu hanya hal biasa. 

Tujuan dari pendidikan sepanjang hayat ialah membentuk individu-individu atau masyarakat belajar serta masyarakat berencana. Kegitan pendidika  ini  mencakup pada Lembaga-lembaga formal seperti sekolah bahkan diluar itu juga yaitu pendidikan diluar sekolah dan segala bentuk kegiatan yang ada dan dialami di masyarakat semuanya itu merupakan bgin dari pendidikan.

Dalam hubungannya dengan kegiatan pendidikan diluar sekolah, pendidikan sepanjang hayat tentu memiliki konsep-konsep untuk mengembngkan pendidikannya.

Berikut prinsip dari pendididikan diluar sekolah :


1. Pendidikan akan berakhir hanya dengan apabila manusia sudah tidak lagi hidup di alam dunia yang fana 
2. Pendidikan diluar sekolah mendorong motivasi serta peran dalam pembelajaran untuk merencanakan serta melaksanakan kegiatan secara terorganisir
3. Kegiatan belajar lebih dominan terhadap  memperoleh serta memperbahrui pengetahuan serta segala bentuk pengalaman yng hendak dimiliki oleh pesert didik
4. Pendidikan memiliki visi dan misi yang bermnek ragam dlam mengembangkan kepuasan peserta didik
5. Memperoleh pendidikan merupakan syarat sebagai bentuk pengembangan kehidupan manusia
6. Pendidikan diluar sekolah mengakui ekistensi da pentingnya pendidikan formal

Dari prinsip-prinsip diatas muncul pula ciri-ciri pendidikan diluar sekolah :


a. Memberikan banyak kesempatan bagi setip orang sesuai dengn kemampuan, minat serta kebutuhan yang diinginkannya
b. Dalam proses melaksanakan pendidikannya senantiasa melibatkan seluruh pihak baik peserta didik, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi bahkan sampai pada akhir atau output dari proses pembelajaran
c. Mempunyai tujuan-tujuan yang ingin dicapi dalam proses pelaksanaannya.
Itulah prinsip pendidikan diluar sekolah, jika ini berjalan dan pelksaannya sesuai hal diatas maka dapat dipastikan pendidikan diluar sekolah tidak kalah penting dan memebrikan kontribusi yang signifikan dlam menjalani kehidupan.