-->

Hakikat Hidup Manusia di Dunia Perspektif Islam

Hakikat Hidup Manusia di Dunia Perspektif Islam


INDEK-NEWS.COM - Hakikat Hidup Manusia di Dunia Perspektif Islam - Manusia memerlukan suatu keyakinan untuk menguatkan hati, memerlukan logika untuk menemukan arah berfikir yang logis dan rasional, kedua hal tersebut akan sejalan jika mereka mengetaui hkakikat hidup manusia di dunia. Keyakinan yang timbul dari keimanan memastikan manusia akan senantiasa berfikir positif atas takdir yang telah ditentukan Allah SWT.

Takdir yang telah ditentukan sejak ajali serta dapat dirasakan didunia saat ini merupakan bagian dari kehendak dan kuasa-Nya maka dalam agama islam diajarkan untuk selalu mengingat akan hakikat hidupnya di dunia terhadap Allah SWT. Bagian itu disebutkan dalam sebuah do'a "Inna Shalaati Wa Nusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil 'alamiin".

Oleh Sebab itu Untuk Lebih Meyakinkan Hati Akan Hakikat Didup Manusia di Dunia Simak Penjelasnnya Sebagai Berikut.

Inna Shalaati

Artinya sesungguhnya shalatku. Shalat ialah suatu kegiatan bersifat ucapan dan tindakan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Shalat akan menuntun dan mengarahkan manusia untuk senantiasa pasrah terhadap-Nya serta mencegah dari perbuatan-perbuatan kejelekan. 

Tak hanya shalat wajib yang hendak dilakukan tentu harus ditopang dengan shalat-shalat sunat seperti shalat sunat rowatib, shalat duha, shalat tahajud dan lain sebagainya. 

Wanusuki

Artinya ibadahku. Ibadah ialah segala hal yang dilakukan atas dasar lillah dan berharap  untuk mendapatkan ridha Allah. Terkadang manusia berfikir bahwa yang dilakukannya hanya sebatas kegiatan biasa, tapi ingatlah meskipun pekerjaan atau kegiatan dipandang biasa oleh orang lain akan tetapi jika sebelum melakukan pekerjaan itu kita niatkan ibadah tentu akan mendapatkan pahala dan keberkahan.

Wamahyaya

Artinya hidupku. Manusia berawal dari Allah dan kelakpun akan kembali kepada-Nya, hidup yang dijalani saat ini bagian dari proses untuk memperbanyak amal kebaikan sebagai bekal nanti tatkala Allah mengambil kembali jiwadan raganya. Dalam hidup yang penuh dengan lika liku ini orang yang berfikir jernih akan selalu pasrah dan memasrahkan segalanya terhadap Allah karwna mereka meyakini bahwa semuanya atas kehendak dan kuasa-Nya.

Wamamati

Artinya kematianku. Setelah manusia menjalani hidup dengan berbagai dinamika dan juga cerita yang didapatkan disaat didunia pada akhirnya akan meninggalkan gemerlap keindahan kehidupan. Pada saat itu manusia menjadi 2 kelompok, ada yang disebut ashabul yamin yaitu mereka yang dalam kematiannya kelak akan menemukan titik kebahaiaan yang kekal yaitu di surga dan ada juga yang disebut ashabus syimal yaitu mereka yang dalam kematiaanya kelak akan mengalami siksa api nenraka yang amat menakutkan.

Lillahi Robbil'alamiin

Ini merupakan kesimpulan dari seluruh rangkaian do'a diatas, bahwa shalat, ibadah, hidup dan mati hanya semata-mata karena Allah. Tak ada yang patut di agung-agungkan apalagi berbuat sesuatu karena ingin pujian dari manusia.

Orang yang memiliki keimanan kuat tak akan berfikir demikian, mereka akan senantiasa ingat hakikat hidupnya di dunia. Allah lah tujuan mereka dan Allah pula yang mengatur mereka itulah prinsip muslim sejati.

Semoga bermanfaat..!!