-->

Cara Komunikasi yang Efektif dalam Pembelajaran di Kelas

cara komunikasi efektif pembelajaran


INDEK-NEWS.COM - Cara Komunikasi yang Efektif dalam Pembelajaran di Kelas - Pembelajaran adalah sebuah interaksi komunikasi yang berjalan scara dua arah. Komunikasi merupakan penyampaian informasi dari guru kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat memahami apa yang disampaikan. Sebuah komunikasi dapat dikatakan efektif apabila komunikasi itu dapat memunculkan feedback dari siswa.

Dengan komunikasi yang baik maka tujuan dari pembelajaran akan tercapai dengan maksimal serta tujuan dari pendidikan akan sukses apabila komuikatif. Keberhasilan dalam proses pebelajaran ditentukan oleh banyak komponen pendukung yang mengarahkan kepada tujuan tersebut yang berupa penyampaian materi ajar kepada siswa dan di akhir pembelajaran siswa mampu memahami dan mengertia apa yang disampaikan.

Komunikasi efektif bisa diciptakan dengan berbagai metode yang disiapkan oleh seorang guru dalam pembelajaran dimana komunikasi itu adalah sebuah proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi dari guru kepada siswa untuk mengisi intelektual mereka agar dapat menjadi seorang yang bermanfaat dikemudian hari. Lalu jenis komunikasi seperti apa yang dikatakan efektif dalam pembelajaran dikelas ?

Berikut 5 Cara Komunikasi yang Efektif dalam Pembelajaran di Kelas


Kejelasan 

Kejelasan disini maksudnya dalam penyampaian materi seorang guru memberikan penjelasan berupa informasi kepada siswa dengan bahasa yang mudah difahami, simpel, jelas dan penuh dengan makna agar dapat diterima oleh siswa.

Ketepatan 

Ketepatan dalam menggunakan bahasa akan mempengaruhi terhadap pemahaman siswa atas materi yang disampaikan oleh seorang guru.

Konteks 

Maksudnya ialah bahasa yang disampaikan harus senantiasa sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat belajar atau komunkasi itu terjalin.

Alur 

Dalam memberikan materi alur penjelasan hendaknya sistematis agar para siswa dapat memahami secara tepa tapa yang disampaikan.

Budaya 

Aspek budaya ini tidak hanya berkaitan dengan bahasa dan informasi smata melainkan juga berkaitan dengan etika dan estetika. Seorang guru yang menyampaikan materi tentu harus menggunakan etika yang baik agar penerimaan siswa penuh dengan kesenangan dan kegembiraan.

Selainitu bahasa dan komunikasi yang dibangun harus sesuai dengan budaya siswa, tujuannya masih tetap satu yaitu agar materi yang disampaikan dalam proses pendidikan ini dapat dengan mudah difahami siswa.

Demikianlah Cara Komunikasi yang Efektif dalam Pembelajaran di Kelas yang harus difahmi dan dimiliki oeh seorang guru untuk mencapai suatu tujuan pemelajaran.