-->

Wajib Tahu ! Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer untuk Bumi

Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer untuk Bumi


INDEK-NEWS.COM - Wajib Tahu ! Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer untuk Bumi - Dulu waktu masih duduk di bangku SD anda mungkin pernah mendengar lapisan ozon kemudian tingkat SMP dan SLTA hal ini pun masih dipelajari ada yang masih ingat Apa itu lapisan ozon ? 

Ozon merupakan gas yang yang terdiri dari tiga atom oksigen. Meskipun Ozon Bagian kecil dari atmosfer tapi fungsinya sangatlah penting untuk bumi. Lalu apa fungsi lapisan ozon di atmosfer untuk bumi ? Berikut penjelasannya 

Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer untuk Bumi


Fungsi lapisan ozon yaitu sebagai lapisan untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang bersumber dari matahari. Maka jika lapisan ozon ini menipis proses kehidupan manusia akan terancam dan berbahaya. 

Diantara bahaya sinar ultraviolet yang bersumber dari matahari bagi manusia adalah dapat berisik menyebabkan kanker kulit serta mengganggu imun manusia. 

Oleh karenanya menjaga lapisan ozon adalah tugas bersama agar tidak menipis dan menyebabkan bahaya bagi manusia. 

Titik Lokasi Lapisan Ozon di Atmosfer 


Menurut penelitian hampir 90% lapisan ozon berada di stratosfer. Stratosfer merupakan lapisan kedua dari bumi. Lapisan stratosfer ini berada di ketinggian 10 sampai  40 km di atas permukaan bumi. 

Di Lapisan ini, ozon yang menyerap sinar ultraviolet dari matahari akan terbelah menjadi 2 buah molekul oksigen. Inilah salah satu penyebab bahwa atmosfer kita memiliki begitu banyak oksigen. Nah proses molekul menjadi oksigen akan kembali seperti semula bergabung kembali dengan molekul oksigen lainnya sehingga pada akhirnya akan menjadi Ozon kembali. 

Namun perlu diketahui proses pembentukan molekul ini banyak terjadi di daerah-daerah tropis, hal ini karena di daerah tropis merupakan daerah yang memiliki banyak intensitas sinar ultraviolet yang dihasilkan dari matahari. 

Dampak Ketika Lapisan Ozon Menipis 


Yang patut diperhatikan adalah ikatan Oksigen yang yang bercampur dengan Klorin dan dan Bromin. Kedua molekul ini terdapat pada bahan-bahan pendingin yang diciptakan oleh manusia yang digunakan pada kulkas AC serta alat-alat pendingin lainnya. 

Senyawa yang akan merusak lapisan ozon adalah senyawa klorin jika ini terjadi secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka lapisan ozon bumi akan terus menipis. 

Seterusnya apabila lapisan ozon menipis maka akan timbul dampak yang luar biasa di bumi yaitu meningkatnya radiasi sinar ultraviolet dan akan berpengaruh terhadap proses kehidupan makhluk hidup di Bumi yang akan menyebabkan kerusakan pada makhluk hidup di bumi. Salah satu contohnya adalah sinar ultraviolet B yang memungkinkan dampak terhadap timbulnya penyakit seperti katarak dan kanker kulit. 

Demikianlah Fungsi lapisan ozon di atmosfer untuk Bumi semoga menambah pengetahuan dan memberikan manfaat serta keutuhan bumi senantiasa kita jaga dari berbagai sisi.