-->

Mengetahui dan Memaknai Lambang Burung Garuda Indonesia │ indek-news.com

INDEK-NEWS.COM - Mengetahui dan Memaknai Lambang Burung Garuda Indonesia │ indek-news.com - Lambang burung garuda merupakan lambang negara kesatuan Republik Indonesia. Di dalam lambang burung garuda terdapat makna yang dalam sehingga sebagai warga negara yang baik kita diharuskan mengetahui dan mewarnai lambang burung Garuda Indonesia. 

Di dalam lambang burung Garuda ada sebuah semboyan sebagai spirit dalam kehidupan berbangsa dan bernegara spirit itu dinamakan dengan "bhineka Tunggal Ika" yang memiliki makna berbeda-beda tapi tetap satu jua. 

Dapat diuraikan Makna tersebut bahwa di Indonesia memiliki beraneka ragam suku, agama, ras, adat istiadat dan lain sebagainya semua hal itu harus menjadi sebuah kekuatan untuk melaksanakan kehidupan yang aman dan tentram demi satu tujuan yaitu menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Mengetahui dan Memaknai Lambang Burung Garuda Indonesia │ indek-news.com

Di dalam Garuda Pancasila ada tiga komponen yang penting yaitu : 

  1. Burung Garuda 
  2. Perisai dan 
  3. Pita Putih 

Untuk mengetahui dan memaknai lambang burung Garuda Indonesia mari kita bahas tuntas 3 komponen tersebut. 

Memaknai Lambang Burung Garunda Indonesia


Burung Garuda 

Burung garuda merupakan burung yang bersifat mistis sejak zaman Hindu, bahkan menurut mitologi hindu yang merupakan berasal dari daerah India hingga berkembang ke Indonesia pada abad ke 6. Burung garuda sendiri mempunyai makna yaitu melambangkan sebuah kekuatan, kemudian Warna emas pada burung garuda melambangkan sebuah kejayaan. 

Namun harus diingat bahwa di dalam burung garuda ada komponen-komponen yaitu : 

  • Jumlah sayap dalam lambang burung Garuda berjumlah 17 makna yang terdapat didalamnya yaitu menunjukkan tanggal kemerdekaan negara Republik Indonesia 
  • Bulu Ekor yang dimiliki lambang burung Garuda berjumlah 8 hai teman isyaratkan sebuah makna bahwa kemerdekaan negara Republik Indonesia terjadi pada bulan ke-8 yaitu bulan Agustus. 
  • Bulu yang berada di Pangkal ekor dan perisai berjumlah 19 serta yang berada di leher berjumlah 45. Sehingga kesimpulan dari keseluruhan bulu yang berada di lambang burung Garuda mengisyaratkan bahwa negara Republik Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. 
  • Kepala Garuda menoleh ke sebelah kanan menunjukkan sebuah filosofi bahwa negara Indonesia diharapkan dapat menjadi sebuah negara yang memiliki banyak kelebihan dan potensi si. Sehingga ada yang mengatakan bahwa jalan yang benar itu udah jalan kanan bukan Jalan kiri kurang lebih seperti itu. 
  • Lambang pada burung garuda sayap yang membentang artinya indonesia siap mengangkasa dan terbang yang ini sehingga menjadi sebuah negara yang memiliki martabat tinggi di mata negara-negara. 

Perisai 

Perisai yang terdapat di lambang burung Garuda sebuah simbol dari pertahanan yang kuat. Dalam perihal itu ada 5 simbol di mana masing-masing simbol dari Pancasila sebagai dasar negara kita. 

  • Di sebelah tengah ada simbol bintang yang menunjukkan pada sila pertama, simbol tersebut melambangkan wa ke tuhanan Yang Maha Esa 
  • Di sebelah kanan bawah terdapat rantai, lantai tersebut melambangkan sila ke-2 yaitu manusia an yang adil dan beradab 
  • Di sebelah kanan atas terdapat pohon beringin, beringin melambangkan sila ke-3 yaitu persatuan Indonesia 
  • Di sebelah kiri atas terdapat sebuah kepala banteng, kepala banteng melambangkan sila ke-4 yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan tu 
  • Serta di sebelah kiri bawah terdapat padi dan kapas, padi dan kapas melambangkan sila kelima yaitu kalian sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 
  • Warna perisai yang terdapat di dalam lambang burung garuda berwarna merah putih yang mengandung makna merah artinya gagah dan putih artinya suci.
 

Pita Putih Yang Terdapat Pada Lambang Burung Garuda 


Pita putih di bawah lambang burung garuda yang dicengkeram oleh burung garuda serta bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika ini merupakan semboyan negara kesatuan Republik Indonesia. Bhinneka artinya bermacam-macam atau beraneka ragam, tunggal artinya satu dan ika artinya itu. Bhinneka Tunggal Ika ini merupakan bahasa kuno Jawa yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. 

Demikianlah mengetahui dan memaknai lambang burung Garuda Indonesia. Semoga artikel ini memberikan manfaat serta menambah wawasan dan dan meningkatkan jiwa nasionalisme kita terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.