-->

Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu Geografi ? Penjelasan singkat

INDEK-NEWS.COM- Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu GeografiLahirnya pengetahuan geografi dimulai denga pengatahuan mengenai satu daerah yang sebelumnya masih berwujud narasi yang di berikan ke seseorang.tergerak untuk memudahkan diperjalanan pelayaran, perdagangan, peperangan dan pertahanan karena itu dari narasi itu di bikinlah sebuah peta. Pada jaman Yunani kuno, penglihatan paham geografi benar-benar dikuasai oleh penglihatan filsafat spekulatif atau sejarawan, yang usaha memadankan ilmu dan pengetahuan geografi dengan riwayat, Cukup banyak rincian geografi memiliki sifat riwayat, atau kebalikannya rincian riwayat memiliki sifat geografi. 

Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu Geografi. Herodotus (485-425 S.M) Namun penglihatan-pandangan tersebut memiliki sifat subyektif dan condong spekulatif. Ini bisa dibuktikan, di tahun 450 S.M, Herodotus sudah membuat peta dunia yang membagikan dalam tiga sisi, yaitu; Eropa, Asia, dan Libya (Afrika). Peta kreasi Herodotus itu benar-benar simpel bila dibanding dengan peta yang kita mengenal sekarang ini. Penglihatan Herodotus demikianlah yang memfokuskan Yunani sebagai kutub dunia, tidak terlepas sebagai penglihatan tradisionil yang memiliki sifat kosmologis. kreasi Herodotus perlu ditingkatkan, akan tetapi penglihatannya dan kreasinya itu terang benar-benar bernilai, karena dia sudah sanggup memberi kontributor pikirannya yang berani dan mempunyai "kebenaran paling tinggi" pada periodenya. Maka dari itu lumrah bila saat itu peta kreasi Hrodotus itu kerap jadi referensi untuk kebutuhan pelayaran, perdagangan, atau peningkatan pengetahuan bangsa Yunani kuno terutamanya. Lebih-kurang empat era selanjutnya,

Strabo (63-24 s.M.) seorang sejarawan dan pakar geografi Yunani kuno, sudah merinci secara panjang lebar begitu besar dampak lingkungan fisik manusia pada pengelompokan kebudayaan dan beberapa model pemerintah. Dia menyampaikan jika dampak lingkungan itu benar-benar tentukan corak budaya dan pemerintah. Dari keterangan itu bisa mengaitkan jika Starbo termasuk environmental determinism atau determinisme lingkungan. Di bagian lainnya Starbo sudah menyampaikan jika geografi terkait dengan faktor lokasi, karakter tertentu, dan antara jalinan satu tempat ke arah tempat yang lain di atas bumi keseluruhannya. 

gambar Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu Geografi

Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu Geografi. Gagasan kesatuan tunggal yang disampaikan Starbo ini, diterangkan sebagai ide alami attributes of place ("atribut alami satu tempat "), ialah rangka rekanan satu tempat dengan tempat yang lain di atas bumi. Penglihatan begitu sampai saat ini masih berkaitan sebagai salah satunya ide dan proses geografi kekinian sampai sekarang ini. Bahkan juga dalam perubahan seterusnya ide ini berkembang sebagai ide regional. Disamping itu dia sudah membuat peta yang populer dengan dikenali dengan "Peta Strabo", sebagai pembaruan peta Herodotus.

Pelajaran geografi mengenai bola bumi dengan memakai pendekatan dan pengukur yang matematis, baru dilaksanakan oleh Pythagoras. Kecermatan begitu diteruskan oleh Plato dan Aristoles, atau Eratosthenes. Ketrampilan mereka benar-benar memengaruhi pendekatan dan penglihatannya. Wujud bola bumi dan ukuran di mana pembagian bumi berdasar lintang dan bujur, dan perubahan matahari yang memengaruhi wilayah cuaca, datang dari pertimbangan barisan "saluran matematik" (Kiam, 1980: 9). Dalam istilah geographika hal tersebut memiliki arti writing about the earth or description of the earth atau "deskripsi atau tulisan mengenai bumi". 

Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu GeografiSelainnya dari itu, dia sudah hitung keliling bumi secara matematik berdasar penghitungan jarak Alexandria dengan Seyne (Aswan). Maka dari itu dia dipandang seperti peletak dasar Geografi yang pertama. Jasa Ptolomaeus pada perubahan geografi yakni pada pembikinan dan pemakaian peta. Sesudah didapatnya alat pembuat, peta Ptolomaeus dengan diganti sedikit, diciptakan sebagai Atlas Ptolomaeus.

Dari keterangan di atas sudah menunjukkan jika geografi sudah berkembang semenjak saat sebelum Masehi di Yunani terutamanya. Kegiatan manusia yang terbanyak menuntut ketrampilan geografi ialah perjalanan yang sudah dilakukan beberapa pedagang atau tentara dalam peperangan untuk peluasan daerah. Antara perjalanan darat yang populer ialah "Lewat Appia" di antara Roma dan Capua 350 s.M. dan "Jalan Sutera" di antara Tiongkok dengan Timur tengah pada Era Petengahan, sudah jadi sumber materi geografi yang bernilai waktu itu. Seterusnya, perjalanan-perjalanan yang sudah dilakukan oleh Columbus, Vasco da Gama, Fernao de Magelhaens dan sebagainya yang populer dengan visi 3 G (Gold, Gospel, dan Glory).

Pada Era Tengah, beberapa tokoh ilmu dan pengetahuan seperti Nicolaus Copernicus (yang menyampaikan mengenai teori heliosentris), Galileo Galilei, Johanes Kepler, Gerard Mercator, Wilem Jansz, dan lain-lainya, besar sekali jasanya pada perkembanagan Geografi waktu itu. Selanjutnya Bernard Varen (Varenius) sudah tentukan istilah "general geography" atau "geographia generalis" yang disebut sisi dari science yang pelajari bumi pada umumnya, merinci pembagian dan tanda-tanda yang memengaruhi bumi keseluruhannya. Hal yang disampaikannya sebagai dasar dan hukum umum yang bisa diaplikasikan pada geografi untuk pelajari satu daerah atau negara secara eksklusif. Sisi geografi yang tearkhir ini dikatakannya sebagai special geography atau "geographia specialis" Selanjutnya bagaian geografi ini jadi geografi regional

Beberapa tokoh geografi dari Jerman yang besar sekali dampaknya pada perubahan disiplin geografi, di antaranya; Karl Ritter, Oscar Peschel, Alexander von Humboldt, Friederich Ratzel, Ernest Kapp, Alfred Hettner. Penglihatan geografi dari beberapa tokoh itu, dengan singkat seperti berikut: Alexander von Humboldt (1769-1859) dan Karl Ritter (1779-1859), dipandang seperti peletak dasar "geografi kekinian". Setelah itu Emmanuel Kant (1724-1804) yang mendapatkan panggilan "Bapak Geografi Politik", dari sisi sebagai peletak dasar Geografi Kekinian. 

Selanjutnya Charles Darwin (1809-1882) seorang pakar evolusi biologis Inggris. Selanjutnya Frederich Ratzel (1844-1904) yang mengeluarkan buku Pitsce Geographie (1897), ide-gasan kontemporer mengenai determinisme lingkungan diaplikasikan pada pengkajian negara. Memusatkan lokasi vital pada rasio global. Selanjutnya di tahun 1904 Harold Makinder menyajikan "wilayah kutub" (pivot tempat), terakhir diberi nama kembali dengan teori "heartland", sebagai dasar pengkajian pengkajian-kajian Geografi (1904). Titik kulminasi dari geografi lingkungan ini ada dalam kajaian politik dan dasar injakan Dewrent Whittlesey yang subtil dalam The Earth and the State, titik nadirnya ialah legalitas geopolitik Jerman pada peluasan daerah Third Reich yang sempat disentil di atas.

Figur lain yang berfaham determinisme itu ialah Ellsworth Huntington yang menulis The Pulse of Asia (1907), Palestine Its Transformation (1911) Civilization and Climate (1915). Dia seorang cemerlang, pakar geografi Amerika Serikat ini berkesan oleh kontras di antara peradaban yang lur-biasa besar dari Asia tengah dan Asia Barat 

Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu Geografi. Daya (Duverger, 1985: 420), yang detil anda bisa membacanya isi teorinya itu pada sub-bab Teori-teori Geografi. Selanjutnya von Richthoffen (1838-1905), dia sebagai figur geografer yang punya pengaruh. Sebagai seorang pakar Geologi, beliau menyampaikan jika pemahaman permukaan bumi yaitu sisi luar dari bumi yang terbagi dalam geografi dan terhitung semua tanda-tanda yang berkaitan dengannya. Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu Geografi, Dia-lah yang memberi batas eksplisit jika "Geography is the studi of the eart surface according to its differences, or the studi of different tempats of the earth surface…in termin of keseluruhan characteristics" (Harsthorne, 1960: 173). Ia yang mengenalkan ":korografi" yang disebut study holistic mengenai bumi dan interelsinya secara terstruktur.

Dan untuk figur Prancis yang berjasa meningkatkan geografi ialah Paul Vidal de la Blache (1845-1914) dan Jean Brunhes (1869-1930).. Blace menulis Principes de geograhie humanie (1922). Dia usaha melepas misi determinismenya, tetapi manusia dilihat sebagai makhluk yang aktif dalam hidupnya Maka dari itu dia digelari sebagai "Bapak Geografi Sosial Kekinian"

Demikianlah penjelasan mengenai Bagaimana Awal Mula Lahirnya Ilmu Geografi. semoga artikel ini memberikan manfaat serta menambah wawasan kita semua dan see you.