-->

Mengejawantahkan Spirit "Yakin Usaha Sampai"

spirit yakusa

INDEK-NEWS.COM - Mengejawantahkan Spirit "Yakin Usaha Sampai" - Sudah menjadi kudrat manusia mempunyai keinginan untuk hidup bahagia Bersama orang-orang yang dicintainya. Karenanya diperlukan ikhtiar untuk mencapai tujuan tersebut maka manusia akan mengerahkan segala potensi dan kemampuannya agar yang diinginkanya dapat tercapai. 
Terlepas dari itu semua hendaknya memahami terlebih dahulu konsep dari iman, ilmu dan amal yang secara pemaknaanya yaitu Yakinkan dengan iman, usahakan dengan ilmu dan sampaikan dengan amal itulah kalimat yang senantiasa memberi ruh spirit dalam suatu perjuangan. Esensinya ada 3 hal :

1. Yakinkan Dengan Iman

Iman adalah suatu kepercayaan yang paling mendasar dalam diri manusia hidup yang benar dimulai dari iman yang benar pula. Iman yang benar adalah percaya kepada Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa disertai dengan ketaqwa serta keinginan ingin selalu mendekatkan diri kepadaNya.

Keyakinan dalam hati muncul dari pengetahuan akankeagamaan yang disertai ketahudan kepadaNya. Mentauhidkan Allah merupakan bentuk dari kepercayaan kepadaNya sehingga dalam segala hal hanya Allahlah yang menjadi tumpuan dan harapan.

2. Usahakan Dengan Ilmu

Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang dimiliki manusia yanag telah teruji kebenarannya sesuai dengan metode-metode ilmiah. Ilmu didapatkan dari nilai-nilai pengetahuan dan pengetahuan didapat dari pengalaman yang manusia lakukan baik dari alam maupun dari dirinya sendiri. Hubungan manusia dan alam bersifat penguasaan dan pengarahan. Alam tercipta bagi manusia untuk kepentingan kemanusiaan. 

Penguasaan dan pengarahan tidak mungkin dilaksanakn tanpa pengetahuan hukum-hukumnya yang tetap (sunahtullah). Pengetahuan itu dapat dicapai dengan memaksimalkan intelektualitas serta rasionalitas secara optimal. Yang pada akhirnya manusia yang secara sempurna akan mengupayakan apapun dengan ilmu yang dimiliki sesuai dengan kadar kemampuan individu masing-masing. 

3. Sampaikan Dengan Amal

Manusia sebagai makhluk sosial, hidup diantara dan bersama manusia-manusia lain dalam hubungan tertentu. Oleh karenanya manusia tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan Hasrat kemanusiaannya tanpa berada ditengah sesamanya. Iman dan ilmu tidak berarti apa-apa jika tidak diterapkan dalam kerja nyata bagi kemanusiaan. 

Inilah yang disebut amal yaitu kerja manusia yang dilandasi atas dasar keimanan dan keilmuan. Dalam aktifitasnya senantiasa berpedoman kepada akal dan hati sehingga apa yang dilakukan akan sejalan berdasarkan kaidah-kaidah atau aturan-aturan ketauhidan dan rasionalitas.  
Salam YAKUSA..!!