-->

Dari Penjara Suci untuk Negeri

penjara suci

INDEK-NEWS.COM - Dari Penjara Suci untuk Negeri - Pesantren merupakan suatu Lembaga Pendidikan yang telah menjadi nafas keislaman di Indonesia, bahkan keberadaannya jauh sebelum datangnya islam ke nusantara. peran dan fungsinya dalam membentuk karakter individu begitu konsisten, hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai agama yang ditanamkan dipesantren sehingga teraktualisasi dalam kehidupan yaitu berupa sikap dan sifat dari seorang santri terhadap orang-orang yang ada disekelilingnya. 

Ini didapatkan dari kajian-kajian kitab kuning yang menjadi ciri khas  pesantren dan langsung dipraktikan oleh para santri secara kontinuitas dan menjadi sebuah kebiasaan yang tek terasa. Ini yang membuat pesantren begitu relevan dalam membentuk akhlakul karimah bagi anak-anak bangsa.

Tantangan pesantren di era moden dalam mengembangkan pendidikan memang tidak mudah dimana dengan perkembangan zaman pesantren dituntut untuk dapat mengembangkan konsep dan metode pembelajaran agar para santri melek terhadap perkembangan teknnologi. 

Sekarang banyak pesantren yang menerapkan system pesantren moden dimana dialamnya ada dua proses pembelajaran yaitu pembelajaran keagamaan yang bertujuan untuk membentuk karakter shalih/shalihah serta pembelajaran yang bersifat umum untuk membekali ilmu-ilmu pengatahuan dengan tujuan untuk membentuk karakter akademis. Disisi lain untuk mengembangkan minat dan bakat santri ada program khusus seperti : olahraga, seni, public speaking, gerakan pramuka, program peningkatan Bahasa dan lain sebagainya.

Keaslian dan kekhasan metode pembelajarannya yaitu metode sorogan, halaqoh serta weton (berkala) ditambah dengan metode kontemporer mampu memberikan bukti real bahwa individu-individu yang telah merasakan dan mengalami jenjang Pendidikan di pesantren mampu bersaing dengan dunia luar. Banyak dari mereka yang berhasil meraih berbagai prestasi dan mengharumkan nama Indonesia.

Bahkan slogan yang selalu di gembor-gemborkan yaitu “dari santri untuk negeri” benar-benar dapat teraktualisasikan dalam mengabdi pada negeri. Jiwa santri adalah jiwa NKRI karena NKRI diperjuangkan oleh guru-guru santri yaitu para kiyai yang menjadi pejuang pada mas itu. 

Maka dari itu pesantren diharapkan dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk negeri kemudian memiliki karakter akademis, pencipta serta pengabdi dalam mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.