-->

Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

membentuk karakter anak

INDEK-NEWS.COM - Membentuk Karakter Anak Sejak Dini - Anak usia dini yang biasanya berada di Taman Kanak-kanak adalah usia yang efektif untuk mengembangkan dan meningkatkan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak. Ikhtiar untuk mengembangkannya dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya melalui pendidikan karakter dalam kegiatan belajar. Kegiatan ini tidak hanya sebatas kemampuan secara kognitif akan tetapi mencakup juga mental, sosial dan emosional. Oleh sebab itu dalam aplikasinya harus senantiasa dilaksanakan secara unik, menarik, bervariasi serta menyenangkan.

Implementasi dari pola pendidikan karakter pada anak usia dini dapat dilakukan pada program harian, yaitu meliputi kepribadian, kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab sehingga pada akhirnya anak siap untuk mengikuti pada jenjang pendidikan berikutnya dan dimasa dewasanya kelak.

Hari ini taman Kanak-kanak adalah awal dari pendidikan formal bagi anak usia dini yang tentunya harus dapat  mempertahankan citra dan kwalitas proses belajar sehingga kepercayaan masyarakat selalu baik dan mengakui mutu Lembaga Pendidikan tersebut, diantaranya yaitu menyiapkan peserta didik yang memiliki karakter. 

Dalam hal ini Peran orangtua tentu sangatlah urgent untuk membentuk karakter anak dan siap menghadapi perkembangan zaman di masa mendatang. Keberhasilan sebagai orangtua dalam membimbing anaknya di usia dini akan menentukan jalan kesuksesan anak tersebut dalam kehidupan sosialnya kelak. Mereka akan tumbuh sebagai orang-orang yang sangat mencintai ilmu, memiliki keterampilan dalam mengatasi masalah, dibekali juga dengan gaya berkomunikasi yang dan dapat bersaing dalam kehidupannya kelak.

Banyak para ahli yang memberikan definisi tentang Pendidikan karakter. Yang pada intinya Pendidikan karakter itu ialah pendidikan yang orientasinya lebih cenderung untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri seorang peserta didik sehingga mereka mempunyai ciri khas tersendiri dalam pribadinya. 

Demikian juga dalam pendidikan anak usia dini, pendidikan ini akan tercermin pada beberapa hal berikut yang menjadi tujuan dari Pendidikan tersebut menurut Dr. Ratna Megawangi pencetus karakter di Indonesia :

1. Cinta Tuhan dan kebenaran

2. Tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian

3. Amanah

4. Hormat dan santun

5. Kasih sayang, kepedulian,dan kerja sama

6. Percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah

7. Keadilan dan kepemimpinan

8. Baik dan rendah hati

9. Toleransi dan cinta damai


Karakter-karakter inilah yang hendak dicapai agar kelak anak didik dapat menjadi manusia yang utuh dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara serta memiliki akhlak  yang baik.