-->

√ 4 Karakter Guru Ideal dalam Pembelajaran

karakter guru ideal

INDEK-NEWS.COM - √ 4 Karakter Guru Ideal dalam Pembelajaran - Pendidikan merupakan sebuah upaya dalam membentuk manusia yang utuh serta menjadikan manusia sebagai manusia. Pendidikan yang sukses diukur dari beberapa aspek salah satunya adalah seorang pendidik atau guru. 

Guru adalah penopang pemelajaran yang akan mentransfer ilmu kepada peserta didik, menjadi guru tentu tidaklah mudah karena dalam pembelajaran guru dituntut untuk menjadi guru yang ideal agar output dari pembelajaran membentuk karakter si peserta didik.

Menjadi guru yang ideal adalah tumpuan harapan bagi guru. Lalu bagaimana yang dinamakan guru ideal tersebut ?

Mayoritas yang dinamakan guru ideal ialah guru yang dapat menguasai segala hal yang berkaitn dengan proses pembelajaran, baik materi, model strategi dan lain sebagainya sebgai upaya untuk menunjang terhadap keberhasilan belajar dan mengajar.

Inilah 4 karakter seorang guru dikatakan ideal dalam pemelajaran :


1. Mempunyai semangat yang tinggi

Segala bentuk pekerjaan apabila tidak diimbangi dengan semangat maka prosesnya akan berjalan seadanya bukan seharusnya. Maka semangat itulah yang akan mendorong seorang guru untuk memberikan yang terbaik dalam proses belajar agar para psesrta didik dapat menerima dan memahami berbagai ilmu dan pengetahuan yang diberikan.

2. Memberikan contoh yang baik

Segala bentuk tingkah laku guru akan menjadi tiruan dimata peserta didik. Guru adalah cerminan para peserta didik yang ada dilingkungan  belajarnya, dan guru harus mampu memberi kebaikan terhadap semuanya tanpa membeda-bedakan.

3. Mempunyai kreatifias dalam belajar

Belajar yang menyenangkan adalah belajar yang memberikan ketenangan dalam belajar dan peserta didik dapat memahami apa yang disampaikan. Kreatifitas inilah yang harus terus dipupuk dan dikembangkan oleh seorang guru agar dalam proses pembelajaran tidak membosankan.

4. Senantiasa berinovasi

Inovasi adalah bagian dari kecerdasan yang hendak dimiliki seorang guru. Inovasi memberikan dampak yang sangat signifikan dalam menjalankan tugasnya serta pelaksanaan dalam pembelajaran yang bervariasi. 

Tugas guru sangatlah mulia demi mencerdaskan anak bangsa mereka terus berjuang dengan segenap kemampuan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Merekalah pahlawan yang hendaknya menjadi primadona dalam memajukan SDM yang unggul dan erakhlakul karimah.