-->

Memanusiakan Manusia Sebagai Bagian dari Tujuan Pendidikan

pendidikan, memanusiakan manusia

INDEK-NEWS.COM - Memanusiakan Manusia Sebagai Bagian dari Tujuan Pendidikan - Pendidikan menjadi salah satu tolak ukur pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan dan dilakukan secara sistematis, Pendidikan itu sendiri adalah proses merubah sikap, perilaku dan karakter seorang individu ataupun kelompok guna menjadikan mereka lebih dewasa dalam pemikiran dan tindakan.

Dalam sector pendidikanpun kesenjangan-kesenjangan itu akan selalu ada dimana yang kaya akan mudah mengakses Pendidikan yang lebih bermutu sementara yang miskin begitu sulit untuk mendapatkan Pendidikan yang lebih baik. Kondisi seperti ini harus bisa disikapi dengan serius apalagi sebagai generasi penerus bangsa hendaknya kita mampu membuka cakrawala dan membangun paradigmaa bahwa Pendidikan adalah hak asasi bagi setiap warga masyarakat.

Banyak pengertian dan pemahaman tentang Pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli. Didalam pendidikan ada istilah yang dinkenal yaitu hominisasi dan humanisasi, hominisasi mengandung arti sebuah proses dalam memanusiakan manusia secara umum sedangkan humanisasi adalah sebuah proses dimana manusia yang berdasarkan atas budinya mengangkat alam menjadi alam manusiawai. 

Pendidikan di negeri tercinta Indonesia ini telah mengalami beberapa perubahan secara berkala dari setiap periode baik itu sistemnya, kurukulumnya bahkan paradigma yang dibangun dalam dunia Pendidikan. Kondisi Pendidikan pasca reformasi lebih menekankan pada pembaharuan system Pendidikan yaitu secara desentralisasi. Kini dunia Pendidikan sudah di berlakukan lagi aturan baru bahwa Ujian Nasional (UN) ditiadakan dan diganti dengan assessment baik guru maupun muridnya.

Proses memanusiakan manusia dalam dunia Pendidikan akan dianggap berhasil apabila system dan cara pandang yang dibangun selaras dengan tujuan dari Pendidikan. 

Menurut Bloom hasil belajar yang dilakukan dalam proses Pendidikan ada tiga yaitu :


1. Kognitif 

Kognitif ialah kecerdasan yang dimiliki biasanya meliputi pengetahuan, ingatan serta pemahaman

2. Afektif 

Afektif ialah sikap yang dihasilkan yang erat hubungannya dengan penerimaan materi, jawaban dan reaksi

3. Psikomotor 

Psikomotor itu merupakan perilaku yang ditampilkan dari hasil proses pengajaran dan pembelajaran 

Agar tiga hal diatas berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu adanya pengajaran pelatihan dan bimbingan yang dilakukan secara kontinuitas dan terprogram dengan sistematis.

Itulah proses memanusiakan manusia yang tidaklah mudah, memerlukan perjuangan dan pengorbanan sehingga anak-anak Indonesia dapat menjadi manusia yang utuh sebagaimana dari tujuan Pendidikan yang terus digembor-gemborkan oleh pemerintah.