-->

Oleh-Oleh dari Sukajaya Cisewu Garut

oleh-oleh sukajaya cisewu

INDEK-NEWS.COM - Oleh-Oleh dari Sukajaya Cisewu Garut - Sukajaya merupakan daerah pelosok di wilayah kabupaten garut yang berada di kecamatan cisewu hasil pemekaran dari desa pamalayan, daerah strategis dengan keaneka ragaman hasil pertanian, kesenian, makanan dan lain-lain.

Dengan letak daerahnya yang strategis menjadikan sukajaya ini daerah lintasan tempat-tempat wisata di garut, tasik,  cianjur dan sukabumi apabila berangkat dari arah bandung melalui jalur selatan provinsi jawa barat. Maka berhentilah sejenak di Desa Sukajaya Kecamatan Ciswu Kabupaten Garut cari dan dapatkan oleh-olehnya untuk dibawa pulang. 

Salah satunya ada yang dinamakan dengan “Opak”. Opak ini adalah makanan tradisional khas sunda yang sampai saat ini masih dipertahankan oleh masyarakat dipedesaaan, opak ini termasuk makanan ringan atau cemilan bukan makanan berat. Tak heran jika ada sebuah acara hajat nikahan, sunatan makanan ini begitu mendominasi meja-meja dan ruang-ruang tamu untuk di suguhkan sebagai makanan penyambutan disamping ankeka makanan lain yang tersdia. Rasanya kurang sempurna jika sanak saudara dan tamu yang hadir tak disuguhkan makanan opak, meskipun tak ada aturan adat yang mewajibkan itu tapi masyarakat menjadikan ini sebagi kebutuhan dalam sebuah acara.

Makanan jenis opak ini umumnya terbuat dari ketan putih dan melewati beberapa proses mulai dari awal sampai bisa dikonsumsi. Opak ini ada dua macam :


1. Opak Merah 

Jenis opak yang terbuat dari ketan putih dan memakai gula aren sebagai penambah rasa manis dan berwana kemerah-merahan.

2. Opak Putih

Masih sama jenis opak yang terbuat dari ketan putih tapi opak ini tak memakai gula melainkan ditambahkan garam dan warnanya pun tetap putih serta rasanya asin.

Jadi bagi yang suka makanan ini bisa memilih varian rasa sesuai dengan selera individu masing-masing. Selain varian rasa, tersedia juga  varian ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Untuk mendapatkannya anda bisa konfirmasi kepada saudara anda yang berada di sukajaya atau bisa juga dengan langsung membeli di para pedagang-pedagang di pinggir jalan. 
Nah penasaran bagaimana rasanya ? silahkan segera beli dan nikmati rasanya..!!