-->

Mutu Pendidikan Rendah, Begini Cara Meningkatkannya

meningkatkan mutu pendidikan

INDEK-NEWS.COM - Mutu Pendidikan Rendah, Begini Cara Meningkatkannya - Perihal pendidikan pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas melalui dikeluarkannya peraturan-peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan. Akan tetapi hal itu tidak dapat diaplikasikan secara keseluruhan di setiap Lembaga alasannya karena keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dalam lingkungan pendidikan serta sarana penunjang Sebagian Lembaga yang belum mendukung sepenuhnya.

Pendidikan merupakan hal utama dalam membentuk pribadi manusia, manusia yang mempunyai nilai-nilai luhur dan akan senantiasa melekat pada diri manusia itu sendiri. Dalam hal ii sebagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan maka pemerintah mengeluarkan peraturan RI no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. 

Berikut beberapa faktor yang mendukung terhadap peningkatan mutu pendidikan :


1. Kepala sekolah

Kepala skolah adalah orang pertama yang hedak mempunyai visi dan misi sebagai pijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan dilingkungannya, visi itu menggambarkan seluruh harapan yang ingin dicapai pada saat menjabat sedangkan misi ialah langkah strategis dan taktis untuk mewujudkan visi agar lingkungan sekolah yang dipimpinnya mendapatkan hati di masyarakat serta menjadikan sekolah itu menjadi sekolah yang berkarakter dalam melaksanakan proses pengajaran dan pembelajaran.

2. Guru 

Kinerja guru rendah maka hasilnyapun akan lemah sebaliknya kinerja guru bagus maka outputnyapun akan bagus. Melibatkan guru dalam berbagai kegiatan untuk peningkatan kualitas dan kapasitas dalam pengajaran dan pembelajaran hendak mendapat dukungan optimal dari kepala sekolah seperti seminar, pelatihan-pelatihan, loka karya dan lain sebagainya. Kreatifitas guru dalam pola mengajar dengan menggunakan model-model pembelajaran yang sifatnya dinamis serta menjadikan siswa sebagai objek akan sangat mempengaruhi terhadap peningkatan daya kemampuan mereka termasuk mentalnya akan teruji pula.

3. Siswa 

Tidak kalah hal penting lainnyapun dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu siswa, pihak guru serta kepala sekolah melalui pendekatan-pendekatan yang dilakukan hendaknya menyerap apa yang menjadi aspirasi dan keinginan siswa dalam proses pembelajaran. Jika komunikasi dengan siswa susah untuk dibangun maka guru harus pintar mengelola situasi kondisi bahkan menciptakan suasana yang nyaman ketika belajar. 

4. Kurikulum 

Kurikulum yang dinamis, konsisten dan terpadu dapat memberikan kemungkinan terbesar dalam peningkatan mutu pendidikan. Memang kurikulum sifatnya nasional dan mutlak akan tetapi dilapangan apapun itu yang menjadi tujuan dari kurikulum apabila proses implementasinya sulit untuk diterapkan maka gunakanlah kearifan local yang ada akan tetapi tidak keluar dari goal setting dalam pencapaian target kurikulum tersebut.

Berdasarkan hal diatas maka jalinlah komunikasi yang baik antara elemen-elemen yang ada disekolah agar apa yang menjadi tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat tercapai dengan segala bentuk usaha yang dilakukan oleh semua pihak.