-->

Cara Cek Online Keluarga Penerima Bansos Lewat Android, Terpercaya 2022

cek penerima bansos lewat android

INDEK-NEWS.COM - Cara Cek Online Keluarga Penerima Bansos Lewat Android, Terpercaya 2022 - Peningkatan kesejahteraan serta proteksi sosial untuk penduduk miskin serta rentan miskin merupakan salah satu prioritas nasional pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Hal ini sudah diamanatkan dalam Peraturan Presiden No 20 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional( RPJMN) Tahun 2020- 2024. program tersebut dijalankan dengan strategi pengembangan kemitraan serta jejaring kerja antar- pemangku kepentingan baik pemerintah pusat, pemerintah wilayah, dunia usaha, serta warga.

Sejalan dengan hal tersebut, tercantum dalam Narasi RPJMN 2020- 2024, tingkatan kemiskinan diturunkan sampai 7- 6, 5 persen pada akhir 2024 didorong salah satunya lewat daya guna program penanggulangan kemiskinan. Pemerintah menargetkan penyusutan rasio Ini sampai 0, 370- 0, 374 pada akhir 2024.

Dalam prioritas nasional kenaikan kesejahteraan sosial tahun 2020, pemerintah menitik beratkan pada percepatan penyusutan tingkatan kemiskinan serta perkembangan yang menyeluruh untuk 40 persen penduduk berpendapatan terendah. Upaya ini dicoba melalui :

  1. Penerapan program jaminan serta antua sosial tepat sasaran.
  2. Pemenuhan kebutuhan bawah.
  3. Ekspansi akses usaha mikro, kecil, serta koperasi.

Sebagian Program Berskala Nasional yang Dijalankan untuk Menunjang Upaya Tersebut Diantaranya Sebagai Berikut :


  1. Bantuan  Pangan Non- Tunai( BPNT) yang saat ini bernama Program Sembako.
  2. Program Keluarga Harapan( PKH).
  3. Program Indonesia Pintar( PIP) yang disalurkan lewat Kartu Indonesia Pintar( KIP).
  4. Program Indonesia Sehat( PIS) yang disalurkan lewat Kartu Indonesia Sehat( KIS).
  5. dan Program Listrik untuk Warga Miskin.

Pemerintah pula menyelenggarakan program- program pemberdayaan warga dan penyediaan akses terhadap kredit mikro, inklusi keuangan, serta penciptaan lapangan kerja baru. Di tingkatan wilayah wilayah, pemerintah provinsi serta kabupaten/ kota pula sudah berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan program proteksi sosial serta penanggulangan kemiskinan.

Pelayanan serta penindakan permasalahan sosial yang belum maksimal berhulu pada minimnya keterpaduan penyelenggaraan layanan sosial. Undang- Undang No 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial mengamanatkan bahwa penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik pusat ataupun wilayah, serta warga masyarakat selain harus terarah juga harus terpadu.

Keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial yang disebutkan diatas semuanya telah tercover dalam sebuah data yaitu yang dinamakan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS adalah merupakan layanan system data yang memuat 40 persen penduduk nasional yang memiliki status kesejahteraan sosial rendah dan layak menerima bantuan dari pemerintah.

Bantuan yang diberikan pemerintah diharuskan tepat sasaran untuk menanggulangi kemiskinan. Nah bagi warga masyarakat yang ingin mengetahui apakah dirinya termasuk kedalam DTKS dan layak menerima bantuan silahkan cek online keluarga penerima bansos lewat android dengan mengunjungi situs resmi yang disediakan oleh kementrian sosial yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id di laman tersebut KPM dapat melihat bantuan apa saja yang dia dapatkan.

Begini Cara Cek Online Keluarga Penerima Bansos Lewat Android :


  • Buka google crome atau mozila ponsel anda.
  • Lalu ketik https://cekbansos.kemensos.go.id, terus klik OK.
  • Setelah itu akan muncul halaman “Pencarian Data PM (Penerima Manfaat) Bansos).
  • Kemudian masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan sesuai alamat KTP.
  • Lalu isikan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP.
  • Ketikkan 8 huruf kode yang berada dalam kotak kode.
  • Apabila huruf kode kurang jelas, maka klik icon   untuk mendapatkan huruf kode baru.
  • Setelah selesai kemudian Klik tombol CARI DATA.
  • Selesai, apabila anda terdaftar di DTKS maka akan muncul nama anda beserta bantuan sosial yang akan diterima.
Demikain Cara Cek Online Keluarga Penerima Bansos Lewat Android, Terpercaya 2022, yang telah dirangkum oleh indek-new.com semoga bermanfaat dan selamat mencoba !