-->

Malam Nuzulul Qur’an dan Malam Lailatul Qadar, Dimana Titik Perbedaannya ?

malam nuzulul qur'an dan malam lailatul qadar

INDEK-NEWS.COM - Malam Nuzulul Qur’an dan Malam Lailatul Qadar, Dimana Titik Perbedaannya ? - Sama halnya agama yang lain, Islam memiliki sebagian peristiwa penting yang kerap diperingati. Dalam hal ini, peristiwa yang penuh dengan makna serta memiliki arti kebaikan tertentu yang baik untuk diteladani. Tidak hanya samapai disitu, memeringati hari- hari penting dalam sejarah Islam pula dapat jadi peluang untuk umat muslim dalam meningkatkan iman serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Salah satu peristiwa penting yang senantiasa diperingati tiap tahun pada bulan Ramadhan yaitu malam nuzulul Qur'an dan malam lailatul qadar. Nuzulul Quran ialah kejadian di mana kitab suci AL Qur'an awal di turunkan ke muka bumi, ialah kepada Nabi Muhammad SAW. tentu ini menjadi peristiwa bersejarah dan sangat berarti dalam agama Islam, di mana Rasulullah selaku Nabi utusan Allah memperoleh kitab suci yang jadi pedoman semua umat muslim dalam melaksanakan kehidupan.

Malam nuzulul Quran datang dikala malam lailatul qadar, ataupun malam seribu bulan yang jatuh pada bulan Ramadan. Ada berbagai pendapat serta komentar yang menarangkan tentang malam nuzulul Qur'an dan malam lailatul qadar ini. Dimana para ulama membagikan tafsiran yang bermacam- macam tentang kapan serta bagaimana proses turunnya Al Qur'an.

Ini menjadi bagian dari ilmu pengetahuan yang harus dimengerti dan difahami oleh umat muslim. Dengan mengetahui kejadian malam nuzulul Qur'an dan malam lailatul qadar bisa menjadikan umat muslim agar senantiasa meningkatkan ibadah kepada Allah SWT agar memperoleh keberkahan.

Perihal tentang malam nuzulul Qur’an yaitu malam dimana Allah Swt menurunkan Al Qur’an kepada baginda Rasulullah SAW yang biasa diperingati pada tanggal 17 Ramadhan tepatnya dimalam hari. 

Memahami Perbedaan Malam Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar


Banyak dari para muslimin yang belum mengetahui sebenarnya apa perbedaan antara malam nuzulul Qur’an dengan malam lailatul qadar. Beriku memahami perbedaan malam nuzulul Qur'an dan malam lailatul qadar :
  • Kalau yang dinamakan dengan malam Nuzulul Qur'an ialah suatu kejadian turunnya Al Al Qur’an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Sebaliknya malam lailatul qadar ialah waktu di mana nuzulul Qur'an terjadi ataupun dengan kata lain waktu di mana Al Qur’an turun ke dunia. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Q.S Al Qadar.
Setelah mengetahui apa itu nuzulul Qur’an dan malam lailatul qadar, maka hal selanjutnya yang harus kita ketahui adalah bagaimana Proses turunnya Al Qur’an.

Berikut Pendapat Para Ulama Tentang Proses Turunnya Al Qur'an :


  1. Pendapat pertama, Sebagian para ulama menarangkan bahwa Al Qur’an turun dalam jumlah serta wujud yang utuh serta sempurna ke langit dunia( sama’ addunnya). Setelah itu, dari langit dunia barulah Al Qur’an diturunkan ke bumi secara bertahap sesuai kebutuhan.
  2. Pendapat kedua, sebagian ulama mengatakan kalau Al Qur’an diturunkan ke langit dunia sepanjang 20 malam Lailatul Qadar ataupun sepanjang 20 tahun. Dalam hal ini dapat dimengerti, jika Al Qur'an turun satu kali dalam setahun ialah bersamaan pada malam Lailatul Qadar.
  3. Pendapat ketiga, mengatakan jika Alquran turun awal kali pada malam Lailatul Qadar. Setelah itu berikutnya Al Qur’an diturunkan ke bumi secara bertahap dalam waktu yang berbeda- beda.

Itulah penjelasan tentang memahami perbedaan malam nuzulul Qur’an dan malam lailatul qadar serta beberapa pendapat para ulama yang berkaitan dengan proses terjadinya al Al Qur’an diturunkan, hingga saat ini dapat kita baca setiap hari dengan penuh ketenangan apalagi tatkala bulan suci ramadhan dengan pahala yang berlipat ganda..