-->

Memahami Pengertian Asuransi dan Manfaatnya

asuransi dan manfaatnya


INDEK-NEWS.COM - Memahami Pengertian Asuransi dan Manfaatnya - Asuransi sering kita dengar tapi tidak tahu apa yang dinamakan asuransi tersebut  ? zaman sekarang mari kita buka mata dan hati untuk memahami apa yang dimaksud dengan asuransi dan apa saja manfaatnya ? masih ada Sebagian orang yang memandang asuransi sebelah mata serta tidak mau bergabung. Padahal kini asuransi banyak manfaatnya untuk kehidupan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hari ini beban hidup semakin berat seiring dengan meningkatnya biaya kehidupan seperti pendidikan, rumah sakit dan sebagainya. Nah dengan adanya asuransi beban itu akan berkurang hal ini diakibatkan karena asuransi adalah sebagai pelindung dalam segala aspek kehidupan.

Oleh Karenanya Mari Kita Fahami Terlebih Dahulu Pengertian Asuransi dan Manfaatnya


1. Pengertian Asuransi 


Asuransi adalah sebuah perjanjian yang dijalin antara tertanggung dan penanggung. Tertanggung akan membayar iuran yang telah ditetapkan kepada penanggung tujuannya tidak lain ialah untuk mengganti rugi atas resiko kejadian yang terjadi di kemudian. 

Sedangkan penanggung disini adalah perusahaan yang menyediakan asuransi tersebut. Tertanggung adalah nasabah asuransi yang memiliki tiga unsur didalamnya yaitu polis, premi serta klaim asuransi.

  • Polis ialah sebuah dokumen yang didalamnya memuat tentang perjanjian kedua belah pihak yang isinya seputar manfaat, jumlah premi, resiko dan sebagainya.
  • Premi adalah bentuk iuran yang harus dibayar nasabah sesuai dengan terror waktu yang disepakati dan
  • Klaim ialah bentuk pengajuan resmi dari nasabah kepada perusahaan asuransi apabila terjadi sesuatu. Jadi ketentuan dalam perjanjian ini dapat apabila terjadi sesuatu dapat diganti oleh pihak perusahaan asuransi.

2. Manfaat Asuransi


•Tabungan dan investasi
Jika anda terdaftar di nasabah asuransi, maka diakhir perjajian kelak yang telah ditandatangani dalam kontrak pastinya akan mendapatkan keuntungan yaitu berupa pengembalian jaminan investasi.
• Memberikan ketenangan
Asuransi memberikan perlindungan kepada nasabah apabila terjadi sesuatu dikemudian hari. Hal ini tentu memberikan efek rasa tenang karena memiliki jaminan yang di simpan di perusahaan asuransi yang tertera di perjanjian kontrak.
• Mampu mengatur keuangan agar lebih baik
Hal ini dalam pembayaran premi secara rutin dari nasabah mengajarkan nilai mengelola keuangan agar lebih baik dengan menyisihkan sebaian pendapatan yang diperoleh.
• Meminimalisir kerugian nasabah
Maksudnya dengan memiliki asuransi dapat meminimalisir berbagai kejadian yang tidak terprediksi sebelumnya. Kebutuhan pribadi akan tetap berjalan dan stabil sebab Sebagian sudah ditanggung dalam perjanjian asuransi.

Nah, itulah sekilas tentang Memahami Pengertian Asuransi dan Manfaatnya, semoga dengan penjelasan ini anda mulai berfikir untuk mendaftar di perusahaan asuransi yang anda hendaki.