-->

Alasan Pendidikan Kewarganegaraan Masih Dipelajari Hingga Perguruan Tinggi

alasan pkn masih dipelajari hingga peruruan tinggi


INDEK-NEWS.COM - Alasan Pendidikan Kewarganegaraan Masih Dipelajari Hingga Perguruan Tinggi - Pentingnya pendidikan kewarganegaraan atau yang kita kenal dengan PKN sangat signifikan dalam dunia pendidikan karena pendidikan Kewarganegaraan ini sebagai salah satu media untuk mengembangkan nilai sikap, moral, serta perilaku siswa sehingga masih dipelajari sampai perguruan tinggi sekalipun.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan


Fungsi dari pendidikan kewarganegaraan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Nilai yang ditanamkan dalam pendidikan kewarganegaraan ini adalah perilaku sehari-hari, mengajarkan bagaimana caranya hidup di negara demokrasi, menjadi warga negara yang baik, serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. 

Secara ringkasnya pendidikan kewarganegaraan diarahkan kan untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme serta nilai-nilai bangsa yang ada di dalamnya bagi para peserta didik.

Pendidikan ini menjadi dasar sebagai warga negara untuk mendapatkan hak dan kewajibannya nya demi menjaga kemuliaan bangsa. Pendidikan ini tidak akan seimbang apabila tidak dipadukan dengan nilai-nilai pengetahuan yang lain, maka harus ada sebuah usaha yang dilakukan oleh setiap individu untuk memadukan pendidikan kewarganegaraan dengan perkembangan informasi dan teknologi saat ini.

Apabila nilai-nilai tersebut ada di dalam setiap individu maka para peserta didik diharapkan memahami serta menguasai kesadaran pribadinya dalam dalam demokrasi dan HAM.

Mencetak peserta didik yang memiliki tanggung jawab toleransi serta kesadaran akan pribadinya sebagai warga negara yang baik dan menjaga keutuhan serta keselamatan tanah air tercinta merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pendidikan kewarganegaraan ini.

Pentingnya Pendidikan kewarganegaraan


Peserta didik yang bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan bangsa akan mampu memilah dan memilih pengaruh-pengaruh dari luar yang masuk dengan cara mengambil sisi positif dan mengabaikan sisi negatif. 

Dan pada akhirnya Pendidikan Kewarganegaraan ini diharapkan mampu menjadi benteng bagi peserta didik karena kecintaannya terhadap tanah air sehingga mereka mampu membela keutuhan tanah air dari rongrongan luar yang ingin menghancurkan.

Kesimpulan 


Alasan mengapa pendidikan kewarganegaraan sampai saat ini masih dipertahankan dari salah satu mata pelajaran dimulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi semoga artikel ini memberikan nilai positif dan menjadikan peserta didik sebagai penerus penerus bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi.