"

Media Penyimpanan Dokumen Daring, Kemajuan Teknologi Informasi

Media Penyimpanan Dokumen Daring, Kemajuan Teknologi Informasi


INDEK-NEWS.COM - Media Penyimpanan Dokumen Daring, Kemajuan Teknologi Informasi-

Pengertian Media Penyimpanan 


Kini teknologi informasi berkembang pesat, Media penyimpanan merupakan salah satu alat untuk menyimpan dokumen berbentuk file yang dihasilkan dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan. 

Media ini penyimpanan yang didalamnya dapat memuat beberapa jenis file dalam ukuran besar maupun kecil sebagai dokumen apabila suatu saat butuhkan kembali. Serta didalamnya memiliki ukuran kapasitas yang berbeda beda mulai dari yang yang kecil, sedang, hingga kapasitas yang besar. 

Di bawah ini ada beberapa apa media penyimpanan dokumen yang dapat anda gunakan untuk kebutuhan anda. 

Media Penyimpanan File Bersifat Offline 


1. Flashdisk 
Flashdisk adalah sebuah penyimpanan dokumen atau data eksternal yang dihubungkan melalui USB serta mampu menyimpan berbagai macam format data dengan kapasitas yang bervariasi.
 
2. CD 
CD yaitu piringan yang berbentuk bulat yang terbuat dari logam ataupun plastik. Ini dapat digunakan menyimpan data akan tetapi sekarang penggunaan CD sudah jarang yang. 

Media Penyimpanan File Bersifat Online 


1. Google Drive 
Google Drive merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh Google untuk dokumen berbentuk file yang berbasis online. 

2. Office online 
Office online adalah salah satu media penyimpanan file berbagi yang memungkinkan anda untuk berbagi aplikasi pengolahan dokumen dari Microsoft yang berada di di sebuah web. 

3. Dropbox 
Media penyimpanan file untuk tempat konten yang dimiliki anda secara tim yang nantinya akan disatukan. 

4. Skydrive 
Skydrive adalah sebuah layanan storage onlin milik Microsoft serta memiliki kapasitas penyimpanan data kisaran sampai 2 GB. 

Media Penyimpanan Dokumen Daring 


Media penyimpanan dokumen daring adalah sebuah halaman website atau layanan yang telah menyediakan penyimpanan data ataupun file dalam sebuah server. Karena penyimpanan ini berbasis online maka anda harus membuat akun dan password terlebih dahulu apabila ingin mengupload file. 

Dalam penyimpanan ini Google Drive merupakan salah satu yang disarankan baik secara gratis ataupun berbayar tergantung pada jumlah kapasitas penyimpanan itu sendirI.

Berikut adalah fungsi dari Google Drive :

1. Menyimpan Data 
Google Drive dapat menyimpan data berbentuk dokumen atau file yang sehingga memudahkan anda untuk membuka kembali dokumen tersebut apabila dibutuhkan di manapun juga. Google Drive ini bisa diakses di di Google Play Store untuk HP dan iPhone. 

2. Membuat dan Mengedit Sebuah Dokumen 
Selain untuk menyimpan data Anda juga dapat membuat dokumen baru di Google Drive. 

3. Dapat Mengakses Fitur Google yang Lain 
Fitur-fitur yang dapat anda manfaatkan seperti, gmail, google browser, google Plus serta yang lainnya. 

Manfaat Google Drive 

  1. Dapat menyimpan foto dan video yang secara otomatis akan terhapus oleh google Plus dan data yang dibuat di google drive.
  2. Dokumen yang disimpan di Google Drive dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 
  3. Google Drive tidak hanya tersedia di komputer tapi juga di smartphone. 
  4. Google Drive dapat membuka semua format dokumen. 
  5. Google Drive memiliki fitur OCR yaitu sebuah fitur untuk mengenali dan mengetahui kata yang tersimpan di dalam dokumen hasil scan yang ada di google Drive. 
Itulah Media penyimpanan dokumen daring, kemajuan teknologi informasi yang dapat anda gunakan apabila setelah selesai melakukan daring atau Zoom meeting.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama