-->

Struktur Pertunjukan Drama yang Baik dan Benar

struktur pertunjukan drama


INDEK-NEWS.COM - Struktur Pertunjukan Drama Yang Baik dan Benar - Drama berasal dari bahasa Yunani itu drama yang artinya bergerak. Sebuah kata yang hampir mirip dengan kata draw yang artinya aksi atau action. Drama ditampilkan dalam sebuah momen untuk memberikan pesan terhadap penonton, pesan yang disampaikan kan dari sebuah drama diharapkan mampu memberikan nilai positif untuk semuanya. 

Drama adalah sebuah pertunjukan yang kompleks karena di dalamnya ada beberapa unsur seni yang ditampilkan yaitu seni sastra atau naskah, ah sini musik sebagai pengiring dan seni peran. 
Drama mampu bertahan di tengah ah banyaknya film-film lebih canggih yang dibuat oleh para produser film, ini merupakan prestasi yang luar biasa makanya Masih banyak orang yang senang menonton pertunjukan drama.

Pementasan drama bisa dilakukan di lapangan terbuka atau di dalam gedung tergantung kebutuhan drama yang akan ditampilkan. 

Alur cerita dalam drama sama halnya dengan cerita kehidupan. Namun istilah-istilah dalam alur cerita drama secara garis besar dibagi menjadi 3 : 

  • Prolog 
  • Epilog 
  • Dialog 

Struktur Drama 


Struktur drama adalah unsur-unsur dalam pembentukan cerita tersebut. Struktur ini bagian yang utuh dan tidak bisa dipisahkan dari sebuah drama apabila struktur ini tidak sistematis maka drama yang ditampilkan tidak akan memberikan pesan kepada para penonton. Lalu apa saja struktur dalam drama? 

Struktur Pertunjukan Drama Yang Baik dan Benar


1. Babak Atau Episode 
Babak yaitu cerita kecil dalam sebuah drama yang menggambarkan tentang suatu kejadian tertentu. Bapak ini akan saling berkaitan mulai dari babak pertama sampai dengan babak akhir . 

2. Adegan 
Adegan dalam suatu drama ditentukan dari alur cerita tentu ada ga ini akan selalu ada dalam setiap babak yang dipertontonkan.
 
3. Dialog 
Dialog adalah percakapan dalam drama. Ada 2 unsur yang harus terpenuhi dalam dialog yaitu unsur pendukung gerak dan unsur pendukung realitas. 

4. Prolog 
Prolog adalah bagian pembuka drama biasanya berisikan tentang pengantar pembuka dan latar belakang isi drama.

5. Epilog 
Itu bagian penutup drama yang berisikan tentang kesimpulan atau Pesan yang disampaikan dari drama tersebut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan terkait dengan drama, semoga bermanfaat !