Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka, Inilah Intinya

INDEK-NEWS.COM - Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka. Berbicara tentang kurikulum Pendidikan Indonesia banyak perubahan mulai dari kurikulum 48 sampai dengan kurikulum 13 bahkan saat ini ada sebuah konsep lagi yaitu kurikulum merdeka. 

Nah pada ada artikel kita akan mencoba membandingkan guna untuk mengetahui perbedaan kurikulum 13 dan kurikulum merdeka. Kurikulum 2013 memiliki 4 aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap aspek perilaku. 

Dalam perkembangannya kurikulum 2013 saat ini telah berakhir dan diganti dengan kurikulum merdeka yang cenderung pembelajaran intrakurikuler yang beraneka ragam di mana dalam kurikulum Merdeka ini konten akan lebih optimal sehingga siswa mempunyai cukup waktu untuk mendalami konsep serta meningkatkan kompetensi. 

Gambar Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka


Belakangan menteri pendidikan dan nadiem Makarim mengumum kan bahwa sekolah akan menggunakan kurikulum baru yang disebut dengan kurikulum merdeka. Sebagai bahan pengetahuan serta bahan diskusi di sekolah ataupun di lingkungan masyarakat harus mengetahui perbedaan kurikulum 13 dalam kurikulum merdeka sehingga di akhir akan mendapat sebuah kesimpulan yang menjadi pegangan sebagai seorang guru dalam memberikan metode dalam belajaran di kelas. 

Berikut adalah perbedaan kurikulum 13 dan kurikulum merdeka, simak dan perhatikan dengan baik ! 

Perbedaan Kurikulum 13 Dan Kurikulum Merdeka, Inilah Intinya 

Ada beberapa poin yang menjadi perbandingan antara kurikulum 13 dan kurikulum merdeka yang harus diketahui terutama bagi pendidik dan tenaga kependidikan. 

Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka Dalam Aspek Kerangka dasar 

Kurikulum 2013

Tujuan utama dari kurikulum 2013 mengacu pada tujuan pendidikan nasional al dan standar nasional Pendidikan.

Kurikulum Merdeka

sedangkan kurikulum merdeka ditambahkan dengan lebih menekankan kepada profil pelajar Pancasila pada peserta didik. Jadi di dalam kurikulum Merdeka ini siswa diharapkan lebih mengoptimalkan jiwa Pancasila di dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka Dalam Aspek Kompetensi yang Dituju 

Kurikulum 2013 

Pada kurikulum 2013 kompetensi yang dituju yaitu berupa apa kompetensi dasar (KD) dan kompetensi inti (KI) yang nantinya akan dituangkan dalam sebuah sikap spritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi dasar atau yang dikenal dengan KD dikonsep dalam bentuk poin per poin serta akan dikoordinasikan setiap tahun sedangkan untuk mata pelajaran yang khusus yaitu hanya mata pelajaran Pendidikan, budi pekerti, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 

Kurikulum Merdeka

Berbeda dengan kurikulum merdeka yang yang menitikberatkan kompetensi capaian belajar disusun sedemikian rupa dari fase profase sehingga digabungkan menjadi sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan tujuan untuk mencapai, menguatkan serta meningkatkan kompetensi tersebut. 

Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka Dalam Aspek Struktur Kurikulum 

Kurikulum 2013 

Untuk struktur kurikulum pada kurikulum 2013 jam pelajaran diatur per minggu, diserahkan kepada satuan pendidikan untuk mengatur jam pelajaran itu dalam kurun waktu satu semester sehingga siswa akan mendapatkan nilai akhir dari hasil pembelajaran 1 semester di setiap semesternya. 

Kurikulum Merdeka

Sedangkan kurikulum merdeka strukturnya dibagi menjadi dua bagian yaitu: 
Pembelajaran reguler yang merupakan kegiatan intrakurikuler 
Proyek penguatan profil belajar Pancasila pada peserta didik. 
Sementara pendekatan yang digunakan di Kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik untuk seluruh mata pelajaran yang ada di sekolah sedangkan kurikulum Merdeka mendung menggunakan pendekatan yang dinamakan dengan terdiferensiasi sesuai tahapan yang akan dicapai oleh peserta didik. 

Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka Dalam Aspek Penilaian 

Kurikulum 2013

Dalam kurikulum 2013 penilaian dibagi kedalam tiga bagian yaitu penilaian pengetahuan, penilaian sikap, penilaian keterampilan. Ketiga penilaian ini akan dikalkulasikan menjadi hasil dari setiap peserta didik di akhir semester. 

Kurikulum Merdeka

Sementara untuk kurikulum merdeka sama sekali tidak ada ada pemisahan antara tiga aspek penilaian pengetahuan,sikap dan keterampilan. 

Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka Dalam Aspek Perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah 

Kurikulum 2013

Sementara untuk perangkat aja yang disediakan oleh pemerintah pada kurikulum 2013 menggunakan perangkat ajar berupa buku teks dan buku non teks.

Kurikulum Merdeka

demikian pula dengan kurikulum merdeka perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah yaitu buku teks dan buku nonteks. 

Demikianlah perbedaan kurikulum 13 dan kurikulum Merdeka semoga artikel ini bermanfaat serta menambah wawasan khususnya para pendidik dalam melaksanakan kan ke giatan pendidikannya dan semoga bermanfaat. Salam hangat dan see you.