Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Rekening Dormant Bisa Tarik Tunai: Riview Lengkap

INDEK-NEWS.COM - Apakah rekening dormant bisa tarik tunai? Itulah sebuah pertanyaan yang muncul apabila nasabah sebuah bank memiliki rekening yang sudah ah tidak aktif. Disebut rekening dormant artinya rekening ini belum mati yang sehingga bisa diaktivasi kembali.

Mungkin saja Anda pernah mengalami hal tersebut anda membuat rekening baru tapi rekening lama ada biarkan nah itulah yang dimaksud dengan rekening dormant. Sebenarnya rekening dormant ini masih bisa untuk aktivasi kembali Tapi tentu dengan aturan dan syarat yang telah ditentukan oleh pihak bank.

Ada pertanyaan lain setelah rekening dormant ini dibangunkan Apakah rekening dormant bisa tarik tunai? Untuk mengetahui penjelasan serta jawaban yang berkaitan dengan hal tersebut maka pada kesempatan ini akan membahas tentang seputar rekening dormant.

Apakah Rekening Dormant Bisa Tarik Tunai

Review Apakah Rekening Dormant Bisa Tarik Tunai

Rekening dormant lebih dikenal dengan rekening yang pasif itulah bahasa sederhana singkat namun dapat dipahami oleh setiap orang. Rekening ini akan menyatakan pasif apabila selama enam bulan tidak ada proses transaksi. Memang orang akan bertanya-tanya apakah rekening yang sudah 6 bulan lebih masih aktif atau tidak. 

Pertanyaan ini yang sering muncul karena mereka selama 6 bulan tidak melakukan transaksi pada saat menanyakan aktivanya mereka baru sempat akan mengisi saldo rekening tersebut.

Berkaitan dengan permasalahan Apakah rekening dormant bisa tarik tunai? sayangnya apabila kondisi rekening sudah seperti itu tidak dapat menarik kembali tunai namun masih ada kelebihan untuk menerima transfer itu bisa dilakukan.

Setelah rekening dinyatakan dormant maka ada akibat yang akan didapatkan yaitu :

  • Tidak bisa transfer ke rekening bank lain.
  • Tidak bisa melakukan penarikan di mesin ATM.
  • Tidak bisa digunakan untuk pembayaran belanja menggunakan mesin EDC.
  • Apakah rekening dormant dapat menerima transferan ?

Sebenarnya untuk menerima transferan bagi status tabungan yang bersifat dormant itu masih bisa dilakukan, namun tentu untuk penarikannya harus dilakukan pengaktifan terlebih dahulu melalui kantor cabang bank tersebut agar transfer yang dikirimkan dapat di ambil oleh nasabah.

Penyebab Rekening Menjadi Dormant

  • Saldo dalam rekening kosong.
  • Pembekuan oleh pihak yang berwajib.
  • Ada aktivitas dalam transaksi yang mencurigakan.
  • Dan terakhir bisa saja karena salah transfer.

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Dormant

Jika memang Anda memilih untuk mengaktifkan kembali rekening dormant dibanding dengan membuka rekening baru maka silakan datang saja ke kantor cabang Bank bersangkutan. Memang sebenarnya rekening dormant ini menjadi beban bagi bank karena akan lebih banyak rekening yang pasif dan dibiarkan oleh nasabahnya sementara bank harus menunggu waktu tertentu untuk menghapus dan menonaktifkan rekening tersebut.

Kesimpulan

Berkaitan dengan Apakah rekening dormant bisa tarik tunai, ternyata sudah pasti jawabannya bahwa tidak dapat melakukan hal itu maka dari itu rawatlah rekening anda jangan sampai menjadi Dorman karena jika ingin mengaktifkan kembali prosesnya cukup memakan waktu. Demikianlah informasi yang dapat disampaikan dari indek-news.com semoga Memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Sampai jumpa dilain kesempatan dan terima kasih.