-->

Wajib Tahu, Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan

Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan


INDEK-NEWS.COM - Wajib Tahu, kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan - Membahas tentang badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) belakangn menjadi obrolan yang sering dibicarakan masyarakat. Program ini ada yang bersifat prabayar ada juga yang bersifat pascabayar, beruntunglah mereka yang mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah sebagai salah satu komitmen dalam menjamin Kesehatan nasional. 

Program jaminan sosial ini menjadi alternatif untuk masyarakat dari asuransi. Memang di sisi lain sistem dan aturan BPJS terkadang berbelit-belit sehingga membuat masyarakat bingung berbeda dengan jaminan asuransi simple dan mudah. 

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 BPJS memang menjadi pilihan masyarakat sehingga selama beberapa bulan ke depan kantor BPJS baik pusat maupun daerah kebanjiran para pendaftar yang ingin mendapatkan diri d jaminan kesehatan nasional yang diprogramkan oleh pemerintah. 

Dulu pendaftar BPJS harus datang ke kantor, mengambil antrian serta menunggu panggilan untuk mendaftar sebagai anggota BPJS, kini dengan perkembangan teknologi yang serba online akhirnya daftar BPJS bisa dilakukan secara online dari rumah masing-masing melalui aplikasi mobile JKN. Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari BPJS Simaklah Penjelasan dibawah Ini :

Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan


Kelebihan BPJS 

Murah 
Dalam sistemnya nya BPJS menyediakan tiga layanan dan yang disebut dengan kelas yaitu kelas 1 kelas 2 dan kelas 3 setiap kelas memiliki jumlah premi yang berbeda-beda.
 
Bersifat Wajib 
Jaminan kesehatan nasional ini menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap individu masyarakat karena adanya undang-undang yang mengatur hal tersebut, meskipun seorang mendaftar di asuransi diharuskan pula untuk mendaftar di BPJS. 

Tanpa Medical Check Up 
Jika anda sebagai anggota dari asuransi maka anda akan mengenal istilah medical chek up yaitu untuk mengetahui sejak dini penyakit yang di derita anggota , tetapi di BPJS tidak ada istilah istilah demikian semuanya rata dan sama. 

Jaminan Seumur Hidup 
Inilah yang menjadi daya tarik dari BPJS Kesehatan di mana mereka yang mendaftar sebagai anggota akan mendapatkan jaminan kesehatan seumur hidup. 

Tidak Ada Pengecualian 
Maksudnya adalah semua yang mendaftar di BPJS Kesehatan memiliki derajat yang sama. 

Perubahan Data Bisa Secara Online 
Apabila salah satu anggota keluarga anda ingin merubah data karena satu dan lain hal maka BPJS Kesehatan dapat dirubah secara online.

Adapun Kekurangannya dari BPJS Kesehatan


Sistem yang Berjenjang 
Memang ini menjadi polemik yang sering terjadi di masyarakat karena aturan BPJS seperti itu, misal ada masyarakat ingin memeriksakan kesehatan tidak bisa langsung ke rumah sakit yang diinginkan melainkan harus datang terlebih dahulu ke faskes pertama yang tertera di kartu BPJS. 

Hanya di Indonesia 
Ruang lingkup wilayah BPJS Kesehatan hanya di Indonesia saja karena Indonesia yang memiliki program ini.

Selalu Antri 
Wajah rasanya jika berobat menggunakan BPJS Kesehatan karena karena secara logika hampir seluruh orang menggunakan BPJS untuk berobat. 

Itulah Wajib Tahu, Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan semoga bermanfaat !